Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi yang Cocok Untuk Anda

Jika anda saat ini adalah lulusan SMA atau SMK yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya beberapa dari anda masih kebingungan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan diri sendiri. Atau jika anda masih kelas 1-2 SMU ingin merencanakan pendidikan anda ke depan, ada perlunya anda juga sedari sekarang.

Pada prinsipnya, setiap jurusan dan sekolah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mengingat persoaan memilh jurusan adalah bukanlah hal yang mudah. Ada yang mengatakan bahwa pemilihan jurusan yang tepat akan menentukan masa depan yang cerah.

Demikian sebaliknya, kesalahan pemilihan jurusan dapat mengakibatkan pada saat perkuliahan anda menjadi tidak bisa mengikuti atau mendapatkan nilai yang jelek.

Untuk itu beberapa tips memilih jurusan untuk perguruan tinggi di bawah ini dapat dijadikan panduan anda, tetapi bukan dijadikan panduan yang mutlak yaa.

Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi Yang Cocok
Tagar.id

Melihat Cita-cita, Minat dan Bakat Pribadi

Cita-cita merupakan sesuatu hal yang menjadi tujuan yang ingin anda capai. Pada dasarnya setiap manusia tentu mempunyai cita-cita yang spesifik. Tetapi kenyataan di lapangan, tetap saja ada juga orang yang ternyata tidak mempunyai cita-cita tertentu.

Bagi yang telah mempunyai cita-cita tentunya akan sangat membantu anda untuk memilih jurusan yang dapat membawa ke profesi atau pekerjaan yang anda inginkan.

Akan tetapi, bagi mereka yang tidak mempunyai cita-cita memang sedikit susah tentunya untuk memilh jurusan. Pada ujung-ujungnya, pilihan jurusannya adalah pilihan orang tuanya atau karena teman-temannya pada banyak yang memilih jurusan Perfilman, contohnya.

Ada baiknya selain cita-cita, anda juga harus tahu minat dan bakat pribadi anda. Jika cita-cita tidak didukung dengan minat dan bakat maka anda akan kesulitan meraih cita-cita tersebut. Sebagai contoh, jika anda bercita-cita sebagai pelukis tetapi bakat anda di bidang lain maka keputusan anda untuk menjadi pelukis akan susah.

Tetapi hal ini tidak berarti anda tidak akan pernah bisa menjadi pelukis. Dengan usaha yang lebih keras tentunya anda dapat mencapai cita-cita tersebut. Sebagai contoh nyata adalah banyak siswa yang memilih jurusan Bimbingan Konseling, tetapi kurang adanya minat dalam bidang tersebut.

Akan tetapi belum tentu, anak tersebut akan gagal. Dengan lingkungan yang tepat dan pendidikan tepat anda juga akan tetap dapat meraih menjadi ahli desain seperti contoh tersebut.

Bagaimana Menjalaninya?

Beberapa orang terkadang kurang tahu bagaimana proses perkuliaahan atau proses pembelajaran yang terjadi pada jurusan yang dipilih. Setiap jurusan memiliki karakteristik yang unik sehingga perlu diketahui juga bagaimana cara menjalaninya.

Jangan sampai meskipun itu pilihan dan cita-cita anda tetapi ketika anda jalankan ternyata tidak sesuai dengan harapan anda. Sebagai contoh mendasar, misalnya anda memilih jurusan teknik mesin dengan harapan dapat memperbaiki atau menjadi montir yang handal.

Ternyata pada saat perkuliahan yang dipelajari lebih luas dan tidak sebatas mesin-mesin otomotif saja. Nah hal-hal seperti ini yang perlu anda juga sadari lebih dini.

Bagaimana Prospek Karirnya?

Jurusan terkadang selalu identik dengan karir pekerjaan di masa depan. Jika anda memilih jurusan kedokteran tentunya anda berharap lulus menjadi atau bekerja sebagai dokter dan bukan arsitek.

Hal-hal tersebut juga perlu anda perlu perdalam terutama jika jurusan-jurusan yang anda pilih adalah berkategori luas.

Anda juga perlu mencari informasi, jika nanti lulus kira-kira peluang pekerjaan atau lapangan usaha apa yang bisa anda kerjakan. Informasi tersebut dapat anda peroleh dari kakak kelas, senior anda atau dari internet.

Pada kenyataannya banyak juga yang lulus dan bekerja tidak sesuai dengan jurusan. Nah apakah anda, sebaiknya anda juga harus antisipasi hal tersebut lebih dahulu.

Jadi ibaratnya jika anda ingin berlibur dengan tujuan ke padang pasir anda jangan salah persiapan dengan menyiapkan jaket tebal. Meskipun pada kenyataanya, ketika tiba di tempat anda bisa melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan Mengikuti Teman, Tetapi Ikuti Kata Hati

Terkadang pemilihan jurusan atau kampus tempat kita kuliah juga didasari atas pilihan-pilihan teman-teman yang lain. Perlu anda sadari juga bahwa teman-teman anda juga telah masak-masak memilih jurusan.

Sehingga anda juga tidak perlu terburu-buru ikut apa yang dipilih kawan. Kalau memang sesuai baru anda ambil. Jika tidak, sebaiknya anda mengambil jurusan sesuai dengan apa yang memang anda inginkan.

Selalu Menerima Masukan dari Orang Lain Termasuk Orang Tua Tetapi Tetap Keputusan Ada di Anda

Pada saat anda kebingungan memilih terkadang banyak masukan dari beberapa orang termasuk orang tua tentunya yang akan membiayai anda. Tetapi balik lagi karena anda yang akan menjalani, bahwa masukan-masukan tersebut dapat anda jadikan sebagai informasi pendukung keputusan anda.

Tetapi tetap keputusan harus anda lakukan sendiri agar anda menjalaninya lebih nyaman dan tidak berdasarkan atas paksaan atau keputusan orang lain.

Pertimbangkan Faktor Ekonomis dan Geografis

Terkadang dalam menjalani sekolah yang anda pilih nanti perlu anda pertimbangkankan juga faktor ekonomis dan geografis seperti biaya, akomodasi, transportasi dan sebagainya.

Anda juga harus persiapkan hal ini semenjak dini karena hal-hal teknis seperti ini akan mendukung kelancaran anda dalam bersekolah. Ada banyak mahasiswa gagal karena faktor transportasi yang terlalu jauh dari sekolah. Untuk masalah biaya sebenarnya terdapat beberapa solusi seperti beasiswa.

Di perguruan tinggi akan banyak sekali beasiswa yang ditawarkan. Dan anda juga harus pandai-pandai mencari beasiswa dan berprestasi di sekolah nanti. Semakin kita berprestasi, semakin mudah kemungkinan kita mendapatkan bantuan beasiswa yang tentunya akan membantu kita.

Pahami Faktor Lingkungan Baru

Perlu juga anda harus melihat lingkungan baru tempat anda bersekolah nanti. Lingkungan yang baik akan sangat membantu anda dalam menjalani proses belajar dan berinteraksi dengan teman atau pihak sekolah.

Jika anda merasa lingkungan baru tersebut tidak cocok buat anda, anda perlu mengkaji kesiapan diri anda untuk beradaptasi di lingkungan baru atau memilih lingkungan yang lain yang menurut anda bisa mendorong atau memicu anda mengeluarkan kemampuan terbaik anda.

Ibarat, seorang yang ingin belajar musik akan lebih cepat menjadi pintar jika berada di lingkungan pemusik juga yang mendorong dia akan terus maju.

Lingkungan termasuk juga lingkungan di mana anda akan bertempat tinggal nanti. Lingkungan tempat tinggal yang cocok akan membantu anda mencapai tujuan dengan lebih mudah.

Satu pemikiran pada “Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi yang Cocok Untuk Anda”

Tinggalkan komentar