7 Tips Membuat CV Auto Tembus Untuk Dipanggil Wawancara

Pada era digital saat ini, tips membuat CV (Curriculum Vitae) yang baik dan menarik sangat penting jika ingin melamar pekerjaan. CV adalah gambaran singkat tentang diri dan pengalaman kita yang dikirimkan ke perusahaan untuk mempermudah proses seleksi.

Namun, bagaimana membuat CV yang baik dan menarik perhatian HRD (Human Resource Development)? Berikut adalah beberapa tips membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian.

Mari simak!

Tips Membuat CV Auto Tembus Untuk Dipanggil Wawancara

1. Sampaikan resume tentang diri anda dalam informasi yang jelas dan ringkas.

Penting bagi anda untuk menyampaikan informasi yang jelas dan ringkas tidak bertele-tele. Ingatlah bahwa pihak pemberi lamaran akan mencari pelamar dan memilih banyak pelamar yang lain.

Penyampaian informasi yang jelas dan ringkas akan mempermudah pihak penyeleksi untuk lebih mudah membaca kekuatan dan kekurangan resume pribadi anda.

2. Buat resume yang menarik tetapi jangan sampai mengabaikan isi.

Seperti halnya membaca buku, pihak penyeleksi akan merasa tertarik ketika resume dibuat secara menarik dengan struktur yang baik.

Tetapi anda juga jangan terlalu terjebak dalam tampilan yang menarik. Isi resume tetap menjadi poin penting anda.

Ibarat buku jika dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik maka akan membuat para pembaca atau calon pembaca mau membeli buku tersebut. Jika ternyata isi buku tidak sesuai harapan maka tentunya pembaca akan kecewa.

3. Urutkan informasi dari yang paling penting terlebih dahulu.

Penyeleksi pekerjaan adalah orang yang pekerjaannya cukup banyak. Sehingga dengan memberikan informasi yang lebih penting di awal akan membantu penyeleksi untuk memilih dengan baik dan cepat.

Mengingat tahap pertama dari proses seleksi kerja adalah membaca resume maka buatlah resume dengan menampilkan informasi yang penting terlebih dahulu dari awal.

4. Tuliskan resume sebagai jawaban atas kebutuhan sang pemberi kerja.

Meskipun anda adalah seorang yang mempunyai banyak riwayat atau pengalaman atau memiliki banyak kemampuan, alangkah baiknya anda cukup memberikan resume yang berusaha menjawab kebutuhan sang pemberi kerja.

Sebagai contoh jika perusahaan pemberi kerja membutuhkan pengalaman anda di bidang A, ada baiknya anda cuma memberikan pengalaman di bidang tersebut dan yang relevan dengan bidang tersebut.

5. Targetkan pada satu bidang pekerjaan yang anda inginkan.

Ada kalanya perusahaan tertentu menawarkan berbagai posisi untuk diisi di perusahannya.

Sebaiknya anda jangan mencoba untuk menawarkan diri anda di semua posisi tersebut tetapi lebih memilih fokus ke salah satu bidang pekerjaan yang anda inginkan dan sesuai dengan pengalaman atau latar belakang anda.

Terlalu banyak menawarkan membuat penilai menilai anda tidak mempunyai bidang yang spesifik.

6. Menjual Diri

Juallah diri anda dalam berbagai hal termasuk ketrampilan anda tetapi Hindari pernyataan yang berlebihan atau muluk-muluk, resumekan diri anda sewajarnya.
Sebagai seorang pencari kerja memang tugas anda mirip seperti marketer.

Anda harus bisa menjual diri anda sendiri kepada pihak lain. Tetapi anda harus memperhatikan supaya anda jangan berlebihan dalam menawarkan diri anda.

Ketika anda meresumekan diri, cantumkan yang sewajarnya sesuai dengan bidang anda atau pengalaman yang benar-benar memang pernah anda kerjakan.

Jika pernyataan yang berlebihan ini diketemukan dikemudian hari seperti saat wawancara, maka hal tersebut akan menjadi bumerang dan anda bisa tidak diterima atas alasan tersebut.

7. Kejujuran penulisan resume mencerminkan kepribadian anda.

Selalu jujur dalam menulis resume adalah cerminan kepribadian anda. Ketika anda menceritakan tentang diri anda, tulislah secara jujur dan jangan sampai ketidakjujuran anda justru ketahuan di belakang.

Seperti ketahuan bohong saat wawancara atau saat anda sudah bekerja. Ketidakjujuran tersebut akan berakibat fatal bagi anda dan nantinya akan susah dipercaya oleh orang lain.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kita dapat membuat CV lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian HRD.

Ingatlah bahwa CV adalah gambaran singkat tentang diri dan pengalaman kita, sehingga perlu dipresentasikan dengan baik dan jelas.

Jangan ragu untuk meminta pendapat teman atau profesional untuk memperbaiki CV kita sebelum mengirimkannya ke perusahaan. Semoga dengan membuat CV yang baik, kita dapat memperoleh pekerjaan impian kita. Jika sudah diterima, mungkin kamu perlu tips cara mengerjakan tes koran juga xixii.

Tinggalkan komentar

x