Tips Belajar TOEFL Yang Bisa Dilakukan Oleh Pemula

tips belajar toefl

Pada pendidikan tertentu maupun pekerjaan tertentu melampirkan syarat berupa tes toefl bagi yang ingin mendaftar pada lembaga pendidikan maupun perusahaannya. Tentunya bagi pemula maupun yang berkepentingan melakukan test toefl perlu untuk tahu tips belajar toefl yang benar. Dengan begitu saat tes toefl tiba bisa mengerjakan soal – soal toefl dengan mudah.

Selain itu belajar toefl perlu dilakukan sejak awal dan rutin untuk memperoleh hasil yang bagus. Ini merupakan hal yang diperlukan sebelum belajar toefl. Semakin banyak latihan – latihan yang dilakukan, maka akan semakin mudah dalam tes nantinya. Simak uraian dibawah untuk tips – tips yang bisa dilakukan dalam belajar toefl:

Baca Juga: Ingin Belajar Past Tense? Simak Uraian Ini Dahulu!

1. Meluangkan Waktu Dalam Sehari Untuk Belajar Toefl

Adapun untuk memperoleh skor toefl yang tinggi perlu latihan yang intensif setiap harinya, tidak bisa instan. Tips belajar toefl ini perlu untuk diterapkan dengan menyisakan 1 atau 2 jam setiap harinya untuk belajar toefl. Waktunya bisa disesuaikan dengan jadwal aktivitas dalam sehari itu, agar tidak berbenturan dengan kegiatan – kegiatan lainnya.

Menerapkan tips ini berarti dalam seminggu bisa mengumpulkan kurang lebih 7 – 10 jam dalam seminggu. Apabila dilakukan dengan rutin maka akan membantu dalam mengerjakan dan memahami soal toefl nantinya. Sehingga skor toefl yang diperoleh akan tinggi dan bisa digunakan sesuai kebutuhan yang diinginkan.

2. Melakukan Aktivitas Menonton Film Bahasa Inggris

Selain bermanfaat sebagai bahan hiburan atau refreshing, menonton film dengan bahasa inggris akan bisa menambah kemampuan dalam listening. Dalam test toefl sendiri salah satu soal yang diujikan salah satunya kemampuan listening bahasa inggris. Saat menonton film, coba fokus dalam mendengarkan percakapan dalam film sehingga bisa meningkatkan kemampuan listening.

Selain meningkatkan kemampuan dalam listening, manfaat yang bisa didapatkan dari menonton film bahasa inggris yakni akan menambah vocabulary yang dimiliki. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan subtitle inggris di dalam film tersebut. Hal ini nantinya dapat menambah istilah – istilah yang sulit dimengerti lalu catat dan cari artinya.

3. Memperbanyak Latihan Soal Toefl

Tidak perlu khawatir untuk mendapatkan soal toefl, sekarang media internet menyediakan banyak sekali soal yang bisa diunduh secara gratis. Selain lewat internet juga bisa membeli buku khusus tes toefl atau meminjam pada perpustakaan sebagai bahan latihan toefl secara intensif, sehingga akan banyak latihan soal yang didapat dari ketiga sumber tersebut.

Beberapa situs internet yang bisa diakses untuk mendapatkan latihan toefl bisa lakukan search atau googling pada internet. Semakin banyak mengerjakan soal latihan yang beragam maka akan memudahkan dalam proses pengerjaan toefl. Dengan begitu, saat melakukan test toefl sesungguhnya akan mudah dan menghasilkan hasil yang baik.

4. Memperkaya Vocabulary Dengan Rajin Membaca

Tidak bisa dipungkiri kegiatan membaca akan banyak menambah perbendaharaan kata yang dimiliki, masalahnya adalah banyak yang bingung untuk memulai kegiatan tersebut. Kesulitan dan masalah yang muncul tersebut biasanya akan membatasi untuk mempelajari dalam menambah vocabulary.

Hal tersebut bisa diatasi  dengan reading toefl dan berlatih untuk kegiatan penerjemahan passages untuk menambah vocabulary. Selain itu bisa dilakukan dengan membaca novel berbahasa inggris, membaca konten media sosial, atau majalah yang berbahasa inggris.

Bacaannya pun sesuaikan dengan selera yang disenangi untuk mengurangi rasa bosan yang timbul. Poin penting yang perlu dipahami adalah jangan sekedar menghafal dan menambah vocabulary tetapi juga pahami makna dan artinya.

5. Memulai Menulis Dalam Bahasa Inggris

Tips belajar toefl yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan memulai belajar menulis dalam bahasa inggris. Tujuannya adalah untuk membiasakan menulis kata dalam bahasa inggris secara benar dan tepat sesuai dengan kosakata. Sehingga akan terbiasa dan belajar dalam menulis grammar dan ejaan yang benar, tentunya periksa penulisan yang telah ditulis dengan seksama.

Apabila mengalami kesulitan dalam mengoreksi tulisan, maka bisa meminta orang lain membantu mengoreksi tulisan. Dengan begitu bisa saling belajar dan bertukar pendapat satu sama lain, selain itu bisa meminta pendapat orang lain juga dalam materi tertentu. Dengan terbiasa mengetahui dan memeriksa hasil tulisan dalam bahasa inggris maka akan terbiasa untuk mengetahui mana yang benar maupun tidak.

6. Melatih Untuk Rutin Melakukan Speaking

Tidak bisa dipungkiri speaking juga merupakan hal yang penting dalam belajar toefl, speaking secara rutin akan memberikan manfaat dalam hal pengucapan. Coba untuk melatih kegiatan speaking pada kosa kata inggris kemudian coba periksa apakah sudah benar atau belum. Selain itu speaking juga memudahkan untuk proses penghafalan sebuah kosakata dalam bahasa inggris.

Apabila mengalami kesulitan pada salah satu kosakata saat latihan speaking, usahakan untuk terus berlatih sampai dengan benar. Kegiatan speaking akan mempertajam memori untuk mengingat istilah dalam bahasa inggris. Semakin keras dalam berlatih speaking maka akan semakin lancar nantinya dalam mengerjakan soal toefl.

7. Bergabung Dengan Grup Pelatihan Toefl

Tips belajar toefl yang bisa dilakukan yakni dengan bergabung pada komunitas toefl yang ada pada media sosial. Grup toefl sekarang sudah banyak tersedia, seperti Telegram, Facebook, Instagram maupun via whatsapp. Grup ini nantinya sering membagikan materi – materi yang bisa digunakan sebagai bahan latihan sebelum tes toefl.

Selain itu, biasanya juga sebagai wadah untuk saling sharing kesulitan pada soal toefl, bisa juga menanyakan soal toefl yang belum dipahami. Sehingga pengalaman yang didapat dari saling sharing pengalaman maupun soal – soal latihan bisa digunakan untuk referensi. Semakin banyak referensi yang didapat maka akan membantu dalam belajar toefl.

8. Memperbanyak Membaca Artikel Toefl

Wawasan akan luas apabila sering dalam memperbanyak membaca artikel toefl, hal tersebut akan memberikan pemahaman tentang toefl. Bagi pemula yang belum mengerti pastinya harus memperbanyak dalam membaca artikel. Hal tersebut bisa membantu menjawab berbagai pertanyaan seputar toefl dan kebingungan juga dapat teratasi.

Artikel – artikel terkait dengan toefl ini juga biasanya akan membagikan soal tes yang bisa digunakan sebagai bahan latihan toefl. Tentunya banyak juga tips – tips yang tersedia di dalamnya secara jelas dan rinci. Alhasil dapat memperdalam wawasan dan pengetahuan seputar toefl sebagai bahan latihan untuk tes toefl sungguhan nantinya.

Adapun yang perlu digaris bawahi disini saat belajar toefl adalah tekun belajar, segala sesuatu tidak bisa didapatkan secara instan. Begitupun saat belajar toefl, perlu step – step yang harus dilakukan sebelumnya yang memerlukan proses. Persiapan waktu, buku, tenaga, niat dan juga mental sangat diperlukan disini karena mengingat toefl juga tidak gampang bagi sebagian orang.

Demikian uraian yang bisa dijelaskan terkait dengan tips belajar toefl yang bisa dilakukan bagi yang ingin memulai belajar toefl. Tips – tips di atas bisa digunakan sebagai referensi untuk memperoleh skor toefl yang baik, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hasil skor yang baik didapatkan dari belajar yang tekun dan rutin sebelum tes toefl.

Tinggalkan komentar