Benarkah Takut Mati Apakah Gangguan Jin? Simak Penjelasannya

Pernahkah bertanya-tanya manusia takut mati apakah gangguan jin yang menghantui? Pada dasarnya setiap makhluk hidup yang bernyawa akan mati dan kembali kepada ciptaannya, sesuai dengan isi surat Ali Imran ayat 185.

Kematian seseorang merupakan ketentuan Allah SWT, bahkan sebelum terlahir ke bumi. Tak ada satupun yang benar-benar tahu kematian seseorang, baik dokter bahkan peramal sekali pun.

Namun, masih ada orang yang takut mati dan mendatangi peramal dan sebagainya guna memastikan kapan dan bagaimana kematian mendatanginya. Benarkah jika takut mati merupakan gangguan dari jin? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut:

Penyebab Manusia Takut Mati

Penyebab Manusia Takut Mati

Banyak sumber mengatakan ketika seseorang mengalami sakaratul maut sangat sakit sekali dan tidak terbayangkan. Hal itu membuat sebagian orang merasa ngeri dan ketakutan menghadapi kematiannya. Sampai timbul pertanyaan, takut mati apakah gangguan jin atau tidak? 

Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan manusia memiliki perasaan akan takut kematian. Mari simak alasannya sebagai berikut:

  • Belum dekat dengan Tuhan. Semakin dekat dengan Allah SWT, semakin meningkat  iman seseorang. Kuatnya iman seseorang, menyebabkan selalu berprasangka yang positif, baik dan percaya kepada Allah SWT, termasuk perihal kematian. 
  • Bekal dan persiapan yang kurang menghadapi kematian. Amal yang dilakukan semasa hidup akan terputus jika kematian datang, hanya tersisa amal sedekah jariyah, ilmu yang dibagikan, serta doa anak sholeh untuknya. Kurangnya bekal tersebut, membuat orang takut dan dihantui rasa ngeri menghadapi kematiannya
  • Khawatir akan keluarga yang ditinggalkan. Bagi seseorang yang menjadi penghasil sumber rejeki di keluarganya, tentu memikirkan nasib keluarga yang akan ditinggalkan olehnya. Takut keluarga akan kesusahan ditinggal mati yang akhirnya timbul rasa takut mati. Padahal, rejeki tiap umat sudah ditentukan Allah SWT.
  • Menikmati kesenangan duniawi. Banyak manusia yang senang menikmati kesenangan dan mengejar dunia sampai-sampai membuatnya takut untuk mati. Padahal, perlu diingat bahwa sesungguhnya dunia adalah hanya tempat singgah dan akhirat tempat yang kekal.

Gangguan Jin Mempengaruhi Jiwa Manusia yang Tidak Disadari

Takut akan mati termasuk dari gangguan jin? Kemungkinan hal tersebut bisa terjadi, karena jin sedikit mempengaruhi diri manusia. Jin memang dapat masuk ke dalam tubuh manusia guna mempengaruhi manusia, seperti misalnya:

  • Mengganggu psikis manusia. Ketika dalam kondisi perasaan dan jiwa yang tidak bagus, jin akan mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Masuknya jin ke dalam tubuh membuat tubuh semakin tidak bagus. Jin memberikan pengaruh dan bisikan buruk, takut akan kematian hingga menyebabkan depresi.
  • Menggoyahkan iman manusia. Gangguan jin yang berbahaya yakni mengganggu keimanan manusia. Apalagi jika manusia dengan iman yang masih lemah.Orang pintar ilmu pengetahuan tetapi tidak dengan ilmu agama juga membuka jalan jin untuk mempengaruhi pikirannya. Sebab, apabila tidak memiliki pengetahuan agama dapat menghasilkan pemikiran dan pola pikir yang tak sesuai dengan Al-Qur’an.
  • Mengganggu pikiran manusia. Orang pintar ilmu pengetahuan tetapi tidak dengan ilmu agama juga membuka jalan jin untuk mempengaruhi pikirannya. Tidak bisa dikuasai salah satu dikuasai saja. Sebab, apabila tidak memiliki pengetahuan agama dapat menghasilkan pemikiran dan pola pikir yang tak sesuai dengan Al-Qur’an.

Pemaparan diatas, takut mati apakah gangguan jin atau tidak, kemungkinan bisa iya. Mengapa? Jin makhluk jahat dan ingin menyesatkan manusia dalam ajaran islam. Misalnya, membuat manusia memiliki pemikiran dan perasaan khawatir terhadap kematian. Maka, perlunya memiliki ilmu dan iman kuat dengan Allah SWT.

Tinggalkan komentar