Inilah Syarat Masuk Jurusan Perfilman yang Harus Diketahui

Syarat Masuk Jurusan Perfilman

Semakin berkembangnya dunia digital menuntut seseorang untuk bertindak kreatif. Tidak mengherankan banyak calon mahasiswa yang saat ini lebih tertarik untuk masuk ke jurusan Film dan Televisi. Lalu apa saja syarat masuk jurusan perfilman agar bisa diterima di kampus ternama? Apakah harus memiliki keahlian dalam bidang videografi maupun tata kamera?

Dalam jurusan perfilman seseorang akan menghadapi berbagai mata kuliah yang terkait pengetahuan dan teknik pembuatan program siaran. Selain itu diberikan bekal mengenai manajerial. Jadi, setelah lulus dari jurusan ini nantinya memiliki peluang kerja luas tergantung spesialisasi yang diambilnya. Lebih jelas tentang jurusan perfilman bisa disimak di bawah.

Baca Juga: Ketahui 8 Materi Kuliah Keperawatan Semester 1 Berikut Ini

Persyaratan Jurusan Perfilman

Sebenarnya tidak ada pengkhususan syarat masuk jurusan perfilman. Secara umum, semua persyaratannya sama dengan mengambil jurusan-jurusan lain. Tapi ada beberapa perguruan tinggi yang memang memberikan syarat tertentu sebagai pertimbangan untuk diterima di jurusan perfilman. Berikut syarat-syarat yang bisa disiapkan calon mahasiswa:

1. Ijazah SMA Sederajat/S1

Ijazah SMA sederajat menjadi syarat mutlak jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, termasuk saat hendak masuk ke jurusan perfilman. Untuk tingkat sarjana, harus menyerahkan fotokopi ijazah dan bisa digantikan Surat Keterangan Lulus dari sekolah apabila belum keluar. Selain itu, biasanya melampirkan daftar nilai dari kelas 10 sampai 12 yang telah dilegalisir.

Sedangkan untuk jenjang magister juga diharuskan menyerahkan ijazah dari perguruan tinggi asalnya dengan Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.0. Terkadang ada yang mensyaratkan kalau kampus asal sudah mendapatkan akreditasi B, biasanya ini untuk universitas ternama. Persyaratan lainnya yaitu melampirkan transkrip nilai. Semua syarat tergantung pada kebijakan dari pihak universitas.

2. Data Diri

Syarat masuk jurusan perfilman yang umum dan pasti ada yaitu data diri calon mahasiswa, baik diploma, sarjana, maupun magister. Jenis dan jumlah fotokopi dari dokumen yang dilampirkan tidak sama di setiap universitas, tergantung kebijakan. Tapi yang wajib dilengkapi tentunya adalah formulir pendaftaran, baik secara online atau langsung diambil di kampus.

Selain formulir pendaftaran, ada juga dokumen-dokumen lain yang biasanya dijadikan persyaratan. Berikut rinciannya:

  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Pas foto 3×4.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Surat yang menyatakan sehat dan terbebas dari narkotika.
  • Fotokopi KTP orang tua atau wali.
  • Bukti pembayaran.

3. Sertifikat

Selanjutnya ini merupakan syarat masuk jurusan perfilman yang opsional dan terkadang tidak diwajibkan. Tapi jika ingin mengambil universitas ternama, terlebih di luar negeri, maka persyaratan berikut harus dilampirkan. Karena dua sertifikat, berupa TOEFL dan IELTS menunjukkan kemampuan seseorang berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Standar keduanya adalah:

  • TOEFL: untuk S1 minimal paper based mendapatkan nilai 550 dan internet based 80. Sedangkan tingkat magister minimal nilai paper based dan internet based adalah 575 dan 85.
  • IELTS: tingkat sarjana minimal nilai keseluruhan memperoleh 6.0-6.5, sedangkan untuk magister tidak kurang dari 7.0.

4. Karya

Berikutnya ini juga syarat masuk jurusan perfilman yang tidak selalu ada, namun beberapa universitas mewajibkannya. Seperti halnya di Institut Kesenian Jakarta yang mengharuskan calon mahasiswanya, baik tingkat D3 maupun S1 untuk menyetorkan satu buah karya. Hasil kreativitas tersebut dapat dijadikan sebagai pertimbangan kelayakan pendaftar agar bisa diterima.

Dalam laman resmi universitas, biasanya ada link yang khusus dijadikan tempat menyetorkan karya. Beberapa karya yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa jurusan perfilman adalah:

  • Karya film dengan format MP4 atau MOV.
  • Karangan atau karya tulis, bisa berupa cerpen, naskah skenario, tulisan di surat kabar, novel, atau buku.
  • Karya foto dengan format JPEG atau RAW.

Baca Juga: 10 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Wajib Dipersiapkan

Kampus Terbaik dengan Jurusan Perfilman

Banyak kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan Film dan Televisi. Setelah mengetahui syarat masuk jurusan perfilman di atas, selanjutnya bisa memilih salah satu kampus dan mencari informasi lebih lengkap. Berikut sudah dirangkum 4 kampus yang cukup terkenal dengan jurusan ini:

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Nama IKJ sepertinya tidak perlu diragukan lagi dalam urusan kampus dengan jurusan seni terbaik. Karena mahasiswanya akan dicetak sebagai orang-orang yang profesional dalam bidang perfilman. Untuk jurusan Film dan Televisi, IKJ membukanya bagi tingkat Strata Satu dan Diploma Tiga.

Jika masuk di IKJ memperoleh mata kuliah fotografi, analisis film, editing, tata suara, sutradara, film scoring, penulisan skenario, dan lainnya. Jadi sudah pasti memiliki bekal yang sangat cukup untuk terjun di dunia siar. Kampusnya berlokasi di Menteng, Jakarta.

2. Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta)

ISI Surakarta menjadi kampus berikutnya yang juga menyediakan jurusan perfilman. Lokasi kampusnya sendiri berada di kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat. Para calon mahasiswa bisa mengambil jurusan ini dengan masuk ke fakultas Seni Rupa dan Desain.

Teori-teori yang diajarkan di kampus bisa langsung dipraktekkan oleh mahasiswa di ISI Surakarta. Caranya yaitu dengan terlibat dalam berbagai kegiatan kampus yang berfokus pada aktivitas seni. Lebih lengkap mengenai ISI Surakarta bisa dilihat di website resmi kampusnya.

3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Jika masih bingung memilih kampus dengan jurusan kesenian, bisa memilih Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Bukan hanya seni rupa yang populer di sana, tapi juga seni film. Jurusan Film dan Televisi masuk dalam Fakultas Seni Media Rekam.

Mahasiswa yang belajar di ISI Yogyakarta tidak hanya dikenalkan mengenai teori di dunia perfilman. Namun semua hal terkait film dan televisi, seperti editing dan manajemen produksi TV. ISI Yogyakarta juga menunjang sarana yang lengkap, seperti alat tata cahaya serta studio produksi.

4. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara berhak dimasukkan dalam jajaran kampus terbaik yang menyediakan jurusan perfilman. Setelah dibuka di tahun 2010, jurusan ini sekarang sudah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Semua mahasiswa diberikan pemahaman mengenai keterampilan teknis dan kreativitas bidang film. Beberapa mata kuliah yang diajarkan yaitu:

  • Cinema and Social.
  • Indonesian Language.
  • Film Literacy.
  • World Film History.

Baca Juga: Ini Daftar Syarat Masuk Sekolah Ikatan Dinas, Wajib Tahu!

Prospek Kerja Jurusan Perfilman

Jurusan perfilman semakin digemari karena memiliki banyak peluang di dunia kerja. Bahkan prospeknya cukup menjanjikan, terlebih jika masuk di stasiun televisi besar. Lulusan jurusan perfilman sebenarnya tidak hanya terfokus dalam bidang film dan siaran TV saja, tapi juga bisa masuk ke stasiun radio.

Para mahasiswa dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan spesialisasi jurusannya. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa didapatkan oleh para lulusan jurusan perfilman adalah:

  • Talent director yang bertanggung jawab dalam urusan casting pemain.
  • Teknisi penyiaran di berbagai media, baik digital, radio, atau televisi.
  • Fotografer dan videografer.
  • Sutradara.
  • Penulis script.
  • Art director.
  • Lighting director.
  • Produser.
  • Program director.
  • Editor film dan video.

Demikian penjelasan mengenai syarat masuk jurusan perfilman, kampus terbaik yang menyediakan jurusan tersebut, dan prospek kerjanya. Persyaratan di setiap kampus tidak sama. Jadi untuk penjelasan lebih lengkap, bisa mencari informasinya di website resmi kampus. Siapa pun bisa mengambil jurusan perfilman, asal mau belajar dan mengembangkan kreativitas.

Tinggalkan komentar