10 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Wajib Dipersiapkan

Jurusan perkuliahan yang sedang paling banyak diminati saat ini adalah Bimbingan Konseling. Banyak sekali yang memilih jurusan tersebut sebagai pilihan utama. Karena, memang prospek kerjanya yang sangat menjanjikan. Namun, ada beberapa syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang harus dilalui pendaftar.

Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling

Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling
Img source: easyuni.co.id

Berikut beberapa syarat jika ingin masuk ke dalam jurusan tersebut!

1. Mengikuti Seleksinya

Untuk dapat masuk ke dalam jurusan bergengsi ini, syarat pertama yaitu mengikuti seleksinya. Pendaftar bisa memilih perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini. Untuk memilihnya bisa dilihat dari jarak dengan rumah atau kualitas dari kampus tersebut. Lalu jika sudah mantap memilih, bisa mengikuti pendaftaran melalui berbagai jalur.

Apabila ingin mendapatkan peluang yang lebih besar, jadikan jurusan tersebut sebagai pilihan utama. Lalu cari juga perguruan tinggi yang menerima mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling dengan kuota yang banyak. Jangan cari perguruan tinggi yang memiliki pendaftar banyak namun memiliki kuota yang terbatas.

2. Mengurus Administrasi

Setelah melakukan seleksi atau pendaftaran, syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang selanjutnya adalah dengan mengurus beberapa administrasi. Namun, untuk langkah ini hanya bisa dilalui jika sudah benar-benar diterima pada perguruan tinggi tadi. Uruslah mulai dari kelengkapan data diri hingga pembayaran kuliah.

Jika tidak segera dilakukan pengurusan ini, biasanya pihak kampus akan melempar kesempatan tersebut ke calon pendaftar lain. Jadi, jika memang berminat segera persiapkan mulai dari sekarang. Terutama dari segi pembayaran, karena pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, jika beruntung bisa memanfaatkan program beasiswa di kampus tersebut.

3. Memiliki Minat Tinggi

Syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang paling utama adalah memiliki minat yang tinggi. Jangan sampai masuk dalam jurusan ini hanya karena tren saja atau bahkan hanya mengikuti teman. Karena, jika tidak memiliki minat yang tinggi akan membuat proses selama perkuliahan juga tidak optimal.

Jadi, pastikan dahulu sebelum memilih jurusan ini, konsultasikan kepada orang tua atau ke orang yang sudah lebih berpengalaman. Pilihlah jurusan yang paling mendekati dengan minat agar perkuliahan bisa menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, tidak akan menjadi beban pula selama perkuliahan berlangsung.

4. Memiliki Kesabaran Tinggi

Untuk selanjutnya, seseorang yang masuk dalam jurusan ini harus mempunyai kesabaran yang sangat tinggi. Sifat utama inilah yang akan membuat jurusan ini lebih menyenangkan. Karena, di dalam jurusan ini mahasiswa akan menghadapi berbagai permasalahan sosial yang ada. Selain itu, harus memiliki saran serta solusi atas masalah tersebut.

Apalagi jika tujuannya adalah menjadi seorang guru BK, tentunya sifat ini akan diperlukan sekali. Karena, tugas guru BK ini adalah menghadapi berbagai model murid. Bahkan, setiap murid juga memiliki sifat serta permasalahan yang beragam. Jadi, pastikan tanamkan sifat ini mulai dari sekarang.

5. Memiliki Sifat Terbuka

Selain memiliki sifat kesabaran yang tinggi, sebagai konseling juga harus memiliki sifat terbuka. Sifat ini akan dibutuhkan sekali dalam dunia kerja, karena akan menghadapi masalah yang lebih nyata. Dengan sifat terbuka tersebut, akan membuat orang lain lebih nyaman menyampaikan masalah yang sedang dipendamnya.

Bayangkan saja jika seorang konseling memiliki sifat yang tertutup, pasti akan membuat klien juga sungkan dalam menyampaikan sesuatu. Selain itu, berpikirlah secara terbuka pula dalam memberikan saran. Jangan hanya terpaku dalam satu sisi saja, tetapi lihat juga dari sisi orang yang sedang mempunyai masalah tersebut.

6. Mempunyai Empati

Seorang konseling juga harus mempunyai rasa empati yang tinggi, selain sabar dan juga terbuka. Rasa empati ini akan membuat seseorang lebih peka dan peduli terhadap perasaan orang lain. Apalagi, jika mendengarkan masalah orang lain tentunya sangat dibutuhkan rasa peduli yang tinggi.

Sangat tidak mungkin, jika seorang konseling hanya mendengarkan saja. Karena, pasti orang yang bercerita tersebut membutuhkan kata-kata penenang dan juga solusi yang baik. Maka dari itu, kunci yang paling utama adalah sifat empati ini. Jika tidak memiliki rasa empati yang tinggi, jangan mencoba untuk masuk ke jurusan Bimbingan Konseling.

7. Suka Dengan Psikologi

Walaupun Bimbingan Konseling dan Psikologi adalah dua hal yang tidak sama, tetapi mempunyai keterkaitan. Syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling kali ini adalah harus menyukai bidang Psikologi juga. Karena, selain akan mempelajari tentang Bimbingan Konseling juga akan mempelajari ilmu dasar dari Psikologi.

Ilmu Psikologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk menangani kasus yang sedang dihadapi oleh konseling tersebut. Karena, ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan dengan menggunakan ilmu Psikologi. Bahkan, sifat seseorang bisa dilihat dari psikologisnya pula dan itu bisa menjadi penanganan yang ampuh bagi seorang konseling. Jadi, memang ilmu tersebut sangat dibutuhkan sekali.

8. Mampu Membaca Karakter

Pada syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang ini adalah bisa serta mampu membaca karakter seseorang. Untuk karakter sendiri bisa berupa sifat, tingkah laku, serta lingkungan yang mempengaruhinya. Memang kemampuan ini tidak dimiliki oleh setiap orang, namun jika sudah mempelajari Bimbingan Konseling lebih lanjut maka akan dengan mudah memahaminya.

Kemampuan satu ini sangat dibutuhkan sekali, karena pasti akan menghadapi seseorang dengan berbagai karakter. Nah, karakter tersebut yang akan menentukan penanganan selanjutnya. Karena, tidak setiap orang bisa dihadapi dengan penanganan yang sama. Semua itu tergantung dari karakter orang yang mempunyai masalah tersebut.

9. Suka Aktivitas Membaca

Dengan membaca akan membuat pikiran semakin terbuka. Selain itu, akan mendapatkan beberapa teori tentang Bimbingan Konseling yang tidak terpikirkan sebelumnya. Apalagi, di dalam jurusan ini mengharuskan mahasiswanya untuk membaca setiap hari. Bahkan, hanya tidak satu atau dua buku saja tetapi beberapa buku dengan jenis yang berbeda.

Buku yang dibaca pun tidak hanya seputar Bimbingan Konseling saja, tetapi buku lain juga yang masih berhubungan dengan ilmu tersebut. Seorang konselor juga bisa memanfaatkan teori di dalam buku untuk menangani masalah yang sedang dihadapi. Jadi, tentunya akan lebih mudah dan penangananya pun yang pasti tidak sembarangan.

10. Suka Membina

Syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang terakhir adalah suka membina seseorang. Tentunya kemampuan ini juga tidak dimiliki setiap orang, namun jika memiliki sifat ini pasti akan menjadi nilai lebih. Membina di sini mempunyai artian mengarahkan seseorang itu ke yang lebih baik. Tetapi, jangan sekali-kali menggurui atau memberi label ke seseorang.

Saat menjadi konselor, posisikan diri menjadi pendengar yang baik atau bisa juga menjadi sahabat. Jangan memposisikan diri menjadi pemimpin atau seseorang yang lebih pintar. Karena, beberapa orang pasti tidak akan nyaman dan enggan untuk bercerita lagi. Jadilah, pendengar yang baik agar dapat membina dengan baik pula.

Akhir Kata

Itulah 10 syarat masuk jurusan Bimbingan Konseling yang wajib dipunyai jika ingin masuk ke dalam jurusan tersebut. Syarat-syarat di atas merupakan hal atau pokok yang penting jika ingin menjadi konselor yang baik serta professional. Sebaiknya, persiapkan mulai dari sekarang sebelum memasuki jurusan tersebut.

Satu pemikiran pada “10 Syarat Masuk Jurusan Bimbingan Konseling yang Wajib Dipersiapkan”

Tinggalkan komentar