Pertukaran Pelajar Ke Korea, Serba-Serbi Wajib Tahu

pertukaran pelajar ke korea
Ilustrasi pertukaran pelajar

Program student exchange atau pertukaran pelajar ke Korea Selatan jadi pilihan banyak pelajar di Indonesia. Korea Selatan telah berhasil membuat tren baru di Indonesia, dari mulai music hingga budayanya menarik untuk dipelajari. Tak salah jika banyak pemuda pemudi Indonesia yang ingin pergi dan belajar budaya Korea Selatan langsung di negaranya.

Berawal dari trend budaya Korea Selatan yang ramai, banyak lembaga nasional maupun internasional yang menawarkan student exchange ke Korea Selatan. Beberapa program tersebut tak cuma menawarkan satu atau dua hari kunjungan saja, tapi hingga berbulan-bulan. Penasaran dengan serba serbi program exchange ke Korea Selatan? Nah, simak ulasannya berikut ini!

Tips Sebelum Mengikuti Program Pertukaran Pelajar!

Sebelum berangkat ke luar negeri atau Korea Selatan tentu pelajar atau mahasiswa harus mempersiapkan banyak hal. Bisa dalam bentuk materi atau non materi. Maka dari itu ketahui tips-tips sebelum mengikuti student exchange ke Korea Selatan dengan mempelajari ulasan berikut ini:

1. Latih Kemampuan Bahasa Korea

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah mempelajari dan melatih kemampuan bahasa Korea. Ini adalah syarat mutlak sebelum berangkat student exchange. Dengan mahir berbahasa Korea tentu akan mempermudah komunikasi dan interaksi dengan warga asli Korea Selatan.

Tidak perlu khawatir karena kini banyak disediakan kursus bersertifikasi belajar bahasa Korea. Namun selain melatih kemampuan berbahasa Korea, umumnya peserta pertukaran pelajar juga harus memiliki sertifikasi mahir berbahasa Inggris. Jadi pelajari kedua bahasa tersebut sebelum berangkat student exchange.

2. Tingkatkan Prestasi

Prestasi yang baik dan banyak jadi syarat pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Jika ingin terpilih mendapatkan program tersebut maka nilai akademik maupun non akademik harus tinggi. Selain itu peserta juga harus meningkatkan dan mempertahankan prestasi dari tahun ke tahun.

Jangan pernah remehkan tips ini karena hanya pelajar dan mahasiswa berprestasi yang berkesempatan lolos seleksi. Sehingga setiap kesempatan ikuti kompetisi apapun untuk menambah pengalaman dan berpotensi lolos seleksi.

3. Berwawasan Luas dan Mengikuti Isu Sosial

Peserta student exchange yang lolos seleksi umumnya memiliki pengetahuan akan isu sosial dan berwawasan luas. Terlebih sebagai perwakilan Indonesia, harus mengetahui isu sosial politik di negaranya sendiri, isu di Korea Selatan dan isu global. Hal itu bisa jadi poin plus ketika mengikuti seleksi dan membuat peserta nampak cerdas ketika wawancara.

Tips agar memiliki wawasan yang luas terkait isu sosial politik adalah biasakan untuk membaca berita. Memiliki kebiasaan membaca  berita akan memberi keuntungan karena peserta tidak akan ketinggalan kasus atau masalah sosial politik yang sedang terjadi. Selain membacanya biasakan untuk mengkritisi isu-isu tersebut untuk melatih cara berpikir kritis.

4. Kenali Program yang Akan Diikuti

Riset adalah kunci agar peserta student exchange tidak salah memilih program dan lembaga. Tentu sebelum memutuskan untuk mengikuti pertukaran pelajar, peserta harus riset dan mengenali program dengan baik. DImulai dari lembaganya, biaya hingga rangkaian acara dan proses seleksi.

Pelajari semua hal terkait program tersebut dari berbagai sumber informasi. Riset di situs resmi hingga pengalaman mantan peserta pertukaran pelajar ke Korea Selatan dan negara lain jika perlu. Berawal dari situ peserta akan menemukan sudut pandang baru dan bisa mempengaruhi keputusan dalam memilih lembaga dan program.

5. Berlatih Mengerjakan Tes Seleksi

Seperti yang diketahui jika tiap program pertukaran pelajar membutuhkan tes seleksi. Maka pelajari berbagai macam bentuk soal dari mulai tes tertulis hingga wawancara. Untuk yang ingin mengikuti student exchange ke Korea Selatan maka pelajari juga soal dengan bahasa Korea dan wawancara berbahasa Korea.

Persiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Pelajari tes model apapun untuk melatih diri dalam mengerjakan soal juga mencari jawaban yang paling tepat dan relevan. Hal ini tentu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan terpilih mengikuti program pertukaran pelajar ke Korea Selatan.

Kampus di Korea Selatan yang Menyediakan Program Pertukaran Pelajar

Tidak semua kampus di Korea Selatan yang menyediakan program student exchange untuk pelajar dari negara lain. Namun di bawah ini akan disebutkan beberapa kampus ternama di Korea Selatan yang menyediakan program pertukaran pelajar. Kampus apa sajakah itu? Simak detail penjelasannya berikut ini:

1. Seoul National University

Untuk penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan kampus yang satu ini. Seoul National University adalah kampus bergengsi di Korea Selatan yang menyediakan program pertukaran pelajar selama satu atau dua semester. Umumnya yang mendaftar program ini adalah mahasiswa semester dua atau empat.

Persyaratan utama untuk ikut program ini adalah memiliki IPK minimal 3.0 serta nilai Toefl minimal 500. Kampus di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Seoul National University adalah UGM dan UI.

2. Sungkyunkwan University

Kampus ini juga terkenal di Indonesia karena serial drama Korea yang berjudul Sungkyunkwan Scandal laris di Indonesia. Perguruan tinggi ini adalah kampus swasta ternama di Korea Selatan. Sungkyunkwan University menerima mahasiswa student exchange dengan pembelajaran yang sangat baik.

Kurikulum di kampus ini menyediakan dua bahasa pengantar yakni bahasa Korea dan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Sangat berbeda dengan kampus-kampus swasta lain yang umumnya hanya menggunakan bahasa Korea ketika perkuliahan.

3. Ewha Womans University

Nama kampus ini memang woman university, namun tidak semua mahasiswanya berisi perempuan saja. Kampus ini dulu didirikan memang dengan misi untuk memajukan pendidikan perempuan Korea Selatan. Tapi seiring berjalannya waktu kampus ini menerima mahasiswa laki-laki dan juga menerima mahasiswa student exchange.

Ewha Womans University sama dengan Seoul National University yang menawarkan program selama satu atau dua semester. Untuk peserta yang ingin melatih kemampuan berbahasa Korea, bisa  untuk daftar kelas Bahasa Korea. Tidak perlu khawatir bagi siswa student exchange akan disediakan kelas pengantar Bahasa Inggris juga.

4. Hanyang University

Sebetulnya kampus ini cukup terkenal karena menjadi salah satu kampus dengan fakultas teknik terbaik di Korea Selatan. Namun jika ingin, student exchange ke Hanyang University tidak harus dari jurusan teknik. Lagi-lagi salah satu kampus di Indonesia yang bekerjasama dengan Hanyang University adalah Universitas Indonesia.

Hanyang University sangat terbuka untuk mahasiswa yang ingin mengikuti student exchange ke Korea Selatan. Karena kampus ini menyediakan kuota hingga 6000 mahasiswa student exchange yang berasal dari 700 perguruan tinggi di 68 negara. Dan Indonesia jadi salah satu negara yang diperbolehkan mengikuti student exchange.

Nah itu tadi serba-serbi pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Dari mulai tips mengikuti program student exchange hingga kampus-kampus ternama di Korea Selatan yang membuka kesempatan untuk pertukaran pelajar. Tips-tips tersebut bisa diikuti sebelum mendaftar program pertukaran pelajar.

Kampus-kampus yang disebutkan di atas juga bisa menjadi referensi untuk para calon peserta student exchange. Siapkan diri dengan belajar tekun dan raih prestasi tinggi agar berpotensi lebih besar lolos seleksi. Terakhir semoga ulasan di atas akan menjadi rekomendasi dan pengetahuan baru bagi calon peserta pertukaran pelajar dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Contoh Proposal Lomba Kegiatan Sekolah dan Kampus

Satu pemikiran pada “Pertukaran Pelajar Ke Korea, Serba-Serbi Wajib Tahu”

Tinggalkan komentar