10 Materi Public Speaking Untuk Mahasiswa Paling Dasar

Berbicara di depan khalayak ramai memang sesuatu yang gampang serta harus ada persiapan untuk melakukan hal tersebut. Apalagi untuk seorang mahasiswa yang harus dituntut untuk bisa berbicara di depan umum. Harus terdapat persiapan agar dapat menguasai public speaking. Untuk itu, berikut akan dipaparkan materi public speaking untuk mahasiswa yang paling dasar.

Materi Public Speaking Untuk Mahasiswa

1. Materi Kenali Diri

Materi pertama yang bisa diajarkan ke mahasiswa adalah tentang pengenalan diri. Karena, sebagai mahasiswa baru terkadang belum mengenali dirinya secara penuh. Untuk materi ini sangat penting supaya si mahasiswa dapat mengenali kelebihan serta berbagai kekurangan pada diri mahasiswa tersebut. Selain itu, berguna juga untuk membangkitkan rasa percaya diri. 

Dalam public speaking, materi ini berfungsi untuk membuat mahasiswa dapat nyaman di atas panggung. Apabila sudah mengenali diri, maka bisa juga menguasai diri di atas panggung. Maka dari itu, perlunya materi satu ini adalah agar mahasiswa tidak merasa gugup serta bisa tampil percaya diri. 

2. Materi Tentang Kegagalan

Untuk materi public speaking untuk mahasiswa yang kedua yaitu tentang sebuah kegagalan. Materi yang dijelaskan bisa sebuah kegagalan dalam hidup. Masing-masing individu tentunya pernah mengalami kegagalan. Tetapi, dengan kegagalan tersebut bagaimana orang itu menyikapinya. Sehingga, menjadi sebuah dorongan untuk menjadi yang lebih baik lagi.

Pada materi ini, akan membuat mahasiswa tidak kecewa jika pernah gagal dalam melakukan public speaking. Sampaikan kepada mahasiswa justru dengan kegagalan tersebut bisa dijadikan sebuah pengalaman yang menarik. Selain itu, bisa juga sebagai ajang untuk proses belajar dalam public speaking.

Baca Juga: Beasiswa Universitas Swasta Jalur Rapor, Bidik Universitas Unggulan

3. Materi Menguasai Penonton

Untuk materi dasar selanjutnya adalah bagaimana untuk menguasai penonton atau audience. Sebagai seorang mahasiswa yang baru terjun ke public speaking, biasanya belum menguasai penuh penonton yang ada di depannya. Apalagi, seorang mahasiswa yang dipercaya sebagai makhluk yang serba bisa. Tentunya harus bisa juga menaklukan pendengar di depannya. 

Di dalam materi ini, biasanya mahasiswa akan diajarkan teknik tertentu agar bisa mendapatkan perhatian dari penonton. Hal pertama yang paling penting adalah kenali dahulu tipe seperti apa penontonnya. Jika penonton yang hadir adalah sekumpulan anak muda, maka cara berbicara yang dilakukan bisa santai. Sehingga, akan lebih menarik perhatian dan seluruh penonton dapat dikuasai.

4. Materi Teknik Berbicara

Sebagai seorang mahasiswa tentunya harus memiliki sebuah teknik berbicara di depan umum yang bagus. Maka dari itu, untuk materi kali ini sangat penting disampaikan kepada mahasiswa. Karena, pasti akan berpengaruh dan merupakan patokan keberhasilan dalam public speaking. Teknik berbicara yang dilakukan hendaknya selalu memperhatikan volume serta intonasi. 

Mahasiswa bisa menggunakan sebuah teknik tertentu, hendaknya teknik yang digunakan yaitu terlihat tegas namun tidak terlalu keras. Hal yang terpenting adalah saat berbicara suara yang dihasilkan dapat menyita perhatian. Selain itu, perhatikan juga pola intonasinya. Gunakanlah intonasi yang menarik dan tidak membosankan. Karena, jika membosankan para penonton pasti akan jenuh. 

5. Materi Topik Pembicaraan

Pada materi public speaking untuk mahasiswa selanjutnya adalah tentang topik pembicaraan. Seorang mahasiswa memiliki pengaruh besar di dalam masyarakat, apalagi apa yang dibicarakannya pasti akan menyita perhatian. Oleh karena itu, mahasiswa harus mampu mencari topik yang menarik tetapi tetap mengedukasi.

Sebelum tampil, mahasiswa harus membaca dan kenali dahulu topik yang akan dibicarakan. Jangan sampai saat sudah tampil malah bingung dengan topiknya. Jika sudah menguasai topiknya, maka secara otomatis penonton akan lebih memperhatikan pembicara. Sehingga, pasti akan terjadi timbal balik dan diskusi menarik antara mahasiswa dan pendengar.

Baca Juga: Inilah Materi yang Sering Keluar di SBMPTN, Wajib Tahu!

6. Materi Kalimat Pembuka

Sebagai seorang mahasiswa tentunya harus dapat memberikan kesan yang menarik di saat melakukan public speaking. Baik itu saat presentasi, demo, atau bahkan saat sidang skripsi berlangsung. Untuk memberikan kesan pertama yang menarik, biasanya dimulai dengan kalimat pembuka public speaking yang bagus. 

Di dalam materi ini bisa disampaikan beberapa hal mengenai kalimat pembuka yang baik. Pakailah sebuah kalimat yang akan mengundang perhatian dari penonton tersebut. Mahasiswa harus bisa menggunakan kalimat penyemangat dengan volume yang tegas serta intonasi yang menarik. Dijamin, perhatian penonton akan langsung tertuju apa yang di depannya.

7. Materi Bahasa Tubuh

Untuk seorang mahasiswa hendaknya menguasai materi public speaking untuk mahasiswa terlebih dahulu jika ingin berbicara di depan banyak orang. Selain, menggunakan teknik berbicara yang benar sebaiknya mahasiswa juga memperhatikan bahasa tubuh yang digunakan pada saat di depan khalayak ramai. 

Konsep materi yang diberikan ke mahasiswa mengenai bahasa tubuh yang digunakan, bisa dimulai dengan apa yang dikenakan oleh si mahasiswa. Sebaiknya, gunakan kostum yang sesuai dengan konsep dari acara tersebut. Apabila merupakan acara formal, maka gunakan pakaian yang rapi serta formal juga. Selain itu, hendaknya posisi tubuh tegap, percaya diri, serta tidak membungkuk.

8. Materi Teknik Pernapasan

Pada materi public speaking untuk mahasiswa kali ini adalah mengenai teknik pernapasan. Sebenarnya, materi ini bisa masuk dalam teknik berbicara yang digunakan. Tentunya saat sedang berbicara, harus memperhatikan pernapasan yang digunakan. Apalagi, mahasiswa melakukan orasi di depan orang banyak tentunya harus bisa mengatur pernapasan. 

Apabila mahasiswa tidak menggunakan teknik pernapasan yang bagus maka hasil suara yang dihasilkan pun pasti akan jelek. Jika ingin menghasilkan suara yang bulat, bisa menggunakan teknik pernapasan dari perut. Kemudian, jika tidak ingin terlihat gugup aturlah juga pernapasan. Karena, jika teknik yang digunakan salah malah bisa jadi tidak ada suara yang bisa keluar.

Baca Juga: 10 Metode Pembelajaran Daring Yang Efektif di Masa Pandemi

9. Materi Penyampaian

Setelah dapat menguasai topik apa yang dibicarakan, materi public speaking untuk mahasiswa yang ini adalah bagaimana menyampaikan materi dari topik tersebut. Mahasiswa harus mampu menguasai materi ini, karena apa yang disampaikan seorang mahasiswa biasanya akan lebih dipercaya masyarakat. Oleh sebab itu, jangan sampai menyampaikan sebuah materi yang salah. 

Jika sudah menguasai topiknya, maka mahasiswa akan dengan mudah menyampaikannya dengan lugas. Tetapi, mahasiswa juga bisa membawa sedikit catatan untuk dapat menyampaikan topik dengan runtut. Selain itu, untuk menghindari juga terjadinya nge-blank di atas panggung. Sehingga, penyampaian materi akan berjalan dengan baik serta tersampaikan juga.

10. Materi Kalimat Penutup

Pada materi yang terakhir kali ini, biasanya mengenai kalimat penutup yang baik. Selain menggunakan kalimat pembuka yang baik, mahasiswa juga harus menggunakan kalimat penutup yang berkesan pula. Materi yang disampaikan untuk mahasiswa bisa berupa teknik kalimat penutup yang menarik serta tidak terkesan buru-buru. 

Mahasiswa bisa menggunakan kalimat yang sederhana namun berkesan. Sehingga, pulang dari acara penonton akan terkesan dengan acara pada hari itu. Sehingga, akan berpengaruh juga terhadap informasi yang sudah disampaikan tadi.

Jadi itulah 10 materi public speaking untuk mahasiswa yang bisa digunakan untuk mempelajari tentang public speaking yang dasar. Materi di atas, bisa digunakan untuk mahasiswa saat akan presentasi atau sedang dalam acara kampus lainnya. Sehingga, mahasiswa akan terkesan lebih profesional serta tidak demam panggung lagi. 

Satu pemikiran pada “10 Materi Public Speaking Untuk Mahasiswa Paling Dasar”

Tinggalkan komentar