Ketahui 8 Materi Kuliah Keperawatan Semester 1 Berikut Ini

Perpindahan atau masa peralihan dari SMA menuju bangku perkuliahan memanglah menarik. Banyak hal yang baru, khususnya di bidang edukasi. Sebagai contoh, jika berkuliah di bidang keperawatan maka haruslah mengetahui beberapa materi berkaitan langsung dengan dunia keperawatan. Untuk permulaan, materi kuliah keperawatan semester 1 umumnya masih mudah dimengerti.

Hal hal dasar yang sebelumnya pernah dipelajari di SMA, akan diulas kembali. Contohnya mengenai perawatan manusia, anatomi tubuh dan juga cara mengukur tekanan darah sudah sepatutnya dipelajari. 

Ilmu ini tidak serta merta menjadi keterampilan yang dimiliki orang lain. Selanjutnya, agar ulasan mengenai mata kuliah keperawatan ini lebih jelas, maka rangkuman atau poin poin di bawah ini perlu disimak. Berikut penjabaran mata kuliahnya:

Baca Juga: Penjelasan Metode Pembelajaran Mind Mapping yang Lengkap!

Materi Kuliah Keperawatan Semester 1

1. Sains Kesehatan Manusia

Pertama yang harus dipelajari para mahasiswa keperawatan adalah mengenai kesehatan manusia secara sains. Hal ini umum dimengerti dan sebetulnya sudah sering dilakukan dalam keseharian. Akan tetapi, pengetahuan dalam keseharian biasanya masih berupa mitos dan bukanlah berdasarkan data yang sesuai. Pentingnya mempelajari sains manusia ini untuk dasar ilmu pengetahuan calon perawat agar memiliki kemampuan yang mumpuni.

2. Epidemiologi

Selanjutnya, hal wajib untuk diketahui dan juga dipelajari perawat adalah mengenai epidemiologi. Sebetulnya, apa itu epidemiologi? Penjelasannya adalah mengenai ilmu yang mempelajari akan sebuah penyakit, atau bahkan banyak penyakit. Kesehatan tidak terlepas dari yang namanya penyakit, karena lawan kata sakit sendiri adalah sehat. Maka untuk mengatasi permasalahan kesehatan, harus mengetahui jenis penyakitnya terlebih dahulu.

Jika sudah dirasa mampu menghafal dan mendalami akan berbagai penyakit dan mengidentifikasinya maka disimpulkan bahwa calon perawat ini layak untuk lanjut pada semester berikutnya. Dalam belajar bab epidemiologi ini, diperlukan ingatan yang tajam. Walaupun materi kuliah keperawatan semester 1 belum terlalu berat namun pantang untuk menyepelekannya.

3. Bahasa Inggris

Siapa sangka bahwa Bahasa inggris digolongkan dalam kelas penting untuk mahasiswa keperawatan. Bagaimana tidak, Bahasa adalah cara serta gaya untuk berinteraksi dengan makhluk lain. Maka mempelajari Bahasa itu wajib, khususnya Bahasa inggris. Dalam keperawatan akan ada himpunan kata kata yang biasanya itu berasal dari kata serapan yang membutuhkan pemahaman tinggi.

Komunikasi satu Bahasa saja tidaklah cukup, karena sejatinya ilmu itu berkembang maka janganlah untuk selalu puas akan satu Bahasa saja. Khususnya calon perawat sangat memungkinkan jika bertemu pasien berbeda negara karena tidak pernah diketahui siapa calon pasien yang sakit dan darimana asalnya. Berjaga jaga dengan mempelajari Bahasa inggris akan memudahkan laju keterampilan dalam bekerja.

4. Bahasa Indonesia

Selain Bahasa inggris, ada Bahasa Indonesia yang juga nantinya akan diajarkan dalam kuliah perawat semester awal. Sama seperti jurusan mata perkuliahan lainnya yang menghadirkan Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib. Mengetahui pentingnya Bahasa Indonesia sebagai landasan dalam berkomunikasi maka sangat tidak heran jika di mana mana selalu dihadirkan Bahasa Indonesia.

Tujuan dari adanya Bahasa Indonesia ini adalah untuk memperbaiki kualitas dalam berkomunikasi para calon perawat atau mahasiswa tersebut. Dengan mengetahui ejaan yang disempurnakan maka tidak ada nada keraguan dalam mengkomunikasikan keluhan pasien terhadap dokter ataupun mengkomunikasikan mengenai permasalahan kepada pasien. Formal atau informalnya tergantung dari topik dan suasana dalam pembicaraan tersebut.

5. Pendidikan Kewarganegaraan

Materi kuliah keperawatan semester 1 yang menempati daftar ke lima adalah materi PPKN, sering dikenal dengan istilah pendidikan kewarganegaraan. Rasa cinta tanah air dan bangga akan negara sendiri perlu terus menerus dipupuk agar tidak sirna. Hilangnya rasa ini adalah karena tidak adanya ikatan erat antara negara dengan warganya. Maka mata kuliah ini diciptakan untuk memberikan pemahaman dan ikatan lebih mendalam.

Terlihat sepele memang jika mendengar kata pendidikan kewarganegaraan, namun faktanya bahwa negara sendiri belum bisa mengatasi persoalan yang berkaitan dengan negara dan individu. Mata kuliah ini penting untuk perawat karena sebagai seorang perawat maka wajib turut serta melakukan bela negara dengan cara selain berperang. Pengetahuan dasar ini memang wajib dipahami.

6. Etika dan Hukum

Dalam urutan ke enam, materi kuliah keperawatan semester 1 yaitu mengenai hukum serta etika perawat. Profesi perawat adalah sebuah profesi yang berdekatan dengan masyarakat yaitu dalam bidang pelayanan. Maka hal yang semestinya diketahui adalah etika ketika memberikan pelayanan. Pelayanan yang baik dan performa yang mumpuni akan menambah tingkat kesejahteraan pasien yang sedang sakit.

Tidak hanya etika namun mempelajari mengenai hukum perawat atau keperawatan adalah hal urgent. Salah sedikit saja jika tidak memahami aturan hukum maka bisa berbahaya. Perawat bisa dituntut jika salah dalam memberikan pelayanan dan melakukan malpraktek. Untuk itu, pelajari kode etik dan hukum dalam dunia keperawatan agar menjadi seorang yang handal dalam bidang perawat.

7. Kewirausahaan

Berwirausaha adalah mimpi dan perwujudan dari banyak orang. Tak terkecuali para calon perawat. Seorang perawat harus mandiri dan berdedikasi tinggi. Berkaitan dengan wirausaha, tidak hanya perawat namun mata kuliah lain juga diajarkan untuk berwirausaha. Wirausaha dilakukan untuk cadangan keterampilan atau bahkan keterampilan utama selain merawat pasien.

Tidak ada yang salah dengan seorang perawat yang mempunyai usaha pribadi lainnya. Justru perawat tersebut mampu melakukan dua hal sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan yang seharusnya memang diperoleh. Keterampilan wirausaha tidak akan lekang oleh goresan waktu. Maka, jika diberi ilmu baru mengenai kewirausahaan maka janganlah dianggap remeh maupun ditolak Karena ilmu tadi amatlah berharga.

8. Keperawatan Profesional

Terakhir yang menjadi akar dari segala materi adalah keperawatan profesional. Seorang perawat yang mendedikasikan dirinya untuk melayani pasien dengan tulus serta hati yang besar akan mendapatkan pahala. Namun akan berlaku juga pada hukum sebaliknya. Maka dengan mempelajari ilmu keperawatan profesional dapat meningkatkan ilmu dalam bidang keperawatan.

Hal yang paling dasar diantara yang lainnya memanglah keperawatan profesional. Dalam artian lain bahwa professional adalah menjalankan kegiatan atau pekerjaan sebagaimana mestinya tanpa ada rasa sungkan jika itu merupakan saudara sendiri. Arti lainnya adalah seorang yang mengutamakan pekerjaannya daripada suatu urusan milik pribadi. Walaupun professional sangatlah kuat godaannya, namun dalam materi ini akan dijelaskan secara detail.

Dengan mempelajari materi kuliah keperawatan semester 1 dengan baik maka akan memudahkan langkah pada step selanjutnya. Kegagalan memahami materi dapat mempersulit jalannya perkuliahan pada semester atas. Mengingat kuliah adalah ladang mencari ilmu, maka sangat pantang untuk menyepelekan setiap menit yang berlangsung. Segala ilmu yang dicari sudah pasti banyak manfaatnya.

Sudah sepatutnya sebagai seorang pelajar yang terpelajar dapat memahami dan menyerap materi dengan bijaksana, khususnya untuk para calon perawat. Perawat adalah salah satu lading mencari uang yang berperan penting dalam tatanan sebuah masyarakat heterogen. Untuk itu, mewujudkan lulusan perawat yang handal dan mumpuni di bidangnya sangatlah perlu ditingkatkan.

Satu pemikiran pada “Ketahui 8 Materi Kuliah Keperawatan Semester 1 Berikut Ini”

Tinggalkan komentar