Kelebihan Jurusan Akuntansi SMK yang Menggiurkan

SMK merupakan sebuah pendidikan menengah ke atas yang bisa memiliki beberapa kejuruan. Salah satu kejuruan yang paling banyak diincar adalah jurusan akuntansi. Untuk jurusan tersebut memang banyak sekali peminatnya. Karena, memang ada beberapa kelebihan jurusan akuntansi SMK yang tidak dimiliki jurusan lain. Berikut akan dipaparkan apa saja sih kelebihan tersebut:

1. Prospek Kerja Menjanjikan

Mungkin banyak yang heran kenapa banyak sekali yang memilih jurusan akuntansi di sebuah sekolah. Salah satu kelebihan jurusan akuntansi SMK yang paling tepat adalah karena memang prospek kerja kedepannya yang sangat menjanjikan. Banyak sekali peluang kerja dengan kualifikasi jurusan tersebut. Bahkan, beberapa lowongan menjadikan jurusan ini sebagai syarat.

Dengan prospek kerja yang menjanjikan tersebut, akan membuat para siswa tidak kebingungan lagi jika sudah lulus nanti. Karena, sudah pasti akan mendapatkan pekerjaan yang lumayan menjanjikan. Selain itu, jurusan ini juga bisa beradaptasi dengan instansi manapun dan paling sering dibutuhkan pada sebuah perusahaan.

2. Menambah Keahlian Menghitung

Materi utama yang dipelajari dalam jurusan akuntansi adalah bagaimana cara menghitung yang benar serta teliti. Biasanya jurusan ini akan menghitung sebuah keuangan dalam suatu perusahaan atau lembaga. Bahkan, di setiap harinya pasti akan disajikan beberapa soal mengenai sebuah keuangan. Tentunya dengan berlatih setiap hari akan membuat kemampuan menghitung akan bertambah.

Selain itu, kemampuan berhitung tersebut juga dapat dijadikan modal atau ilmu dasar selanjutnya. Baik itu di kehidupan sehari-hari, dunia pekerjaan, bahkan apabila akan dilanjutkan pada jenjang bangku perkuliahan. Karena, kemampuan berhitung pasti akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Terutama dalam lingkungan pekerjaan yang membutuhkan skill ini.

3. Memiliki Banyak Cabang Ilmu

Kelebihan jurusan akuntansi SMK yang ketiga adalah memiliki banyak sekali cabang ilmu yang bisa dipelajari. Jadi, siswa tidak hanya akan dibekali soal perhitungan saja tetapi akan mempelajari hal lain juga. Seperti tentang perpajakan, ilmu bisnis, ilmu statistika, serta ilmu lainnya. Semua hal itu dapat dipelajari di jurusan akuntansi.

Bahkan, jika ingin mendalami lebih serius lagi. Siswa dapat melanjutkannya di perguruan tinggi. Di bangku perkuliahan siswa akan mendapatkan materi yang lebih mendalam serta rinci. Apalagi, sekarang banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan akuntansi yang tentunya memiliki prospek yang bagus.

4. Berlatih Cekatan

Untuk kelebihan yang selanjutnya adalah siswa akan berlatih menjadi pribadi yang lebih cekatan. Jadi, selain belajar soal hitung menghitung tetapi akan dilatih juga menjadi seseorang yang lebih cekatan. Karena, di dalam jurusan akuntansi siswa akan dituntut untuk bekerja dengan cekatan serta teliti.

Jadi, saat keluar dari SMK selain ilmu akuntansi yang akan didapat. Tetapi, siswa akan menjadi seseorang yang cepat tanggap serta cekatan. Tentunya hal tersebut akan sangat diperlukan sekali dalam dunia kerja. Karena, tidak hanya modal kepintaran saja tetapi juga dibutuhkan pribadi yang cekatan tersebut.

5. Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab

Selain cekatan, kelebihan jurusan akuntansi SMK tersebut juga akan mengajarkan serta menumbuhkan sikap lebih bertanggung jawab. Kenapa bisa seperti itu? Karena siswa pasti akan berlatih menghitung beberapa soal tentang keuangan. Di dalam perhitungan tersebut siswa harus mempunyai rasa tanggung jawab atas apa yang sedang dikerjakannya.

Apalagi, yang dihitung adalah soal keuangan yang memiliki resiko. Jika tidak dihitung dengan benar maka akan membuat keuangan tersebut menjadi kacau. Nah, di sinilah sikap tanggung jawab sangat diperlukan. Siswa harus mampu bertanggung jawab dan tidak acuh jika terjadi sebuah kesalahan.

6. Menumbuhkan Sikap Teliti

Sebuah ketelitian sangat diperlukan dalam menghadapi soal akuntansi. Karena, jika tidak teliti maka perhitungan yang dilakukan bisa salah total. Kesalahan tersebut jangan malah menjadi kebiasaan yang akan merugikan siswa. Apalagi, jika masuk dalam dunia kesalahan sedikit pun tidak boleh dilakukan.

Maka dari itu, sikap teliti dalam menghitung sangat diperlukan. Apalagi, jika sudah di dunia kerja dan disuruh untuk menghitung keuangan perusahaan. Siswa harus teliti karena salah satu angka saja akan membuat kesalahan yang fatal. Jadi, sikap teliti ini harus ditanamkan sejak SMK agar dapat digunakan saat mulai masuk dalam dunia pekerjaan.

7. Memiliki Modal Ilmu Bisnis

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa kelebihan jurusan akuntansi SMK ini juga berlatih cabang ilmu lain. Salah satunya adalah tentang sebuah ilmu bisnis, nah ilmu tersebut dapat diterapkan sebagai modal dalam memulai sesuatu. Apalagi, jika ada yang ingin langsung memulai sebuah usaha selepas sekolah nanti.

Tentunya harus memiliki ilmu dasar agar bisnis yang dilakukan semakin lancar. Selain ilmu bisnis, pastinya dalam suatu usaha ada suatu perhitungan keuangan. Nah, ilmu akuntansi inilah langsung dapat diterapkan. Jadi, siswa dapat melakukannya sendiri dan tidak perlu untuk mempekerjakan orang. Apalagi, jika itu merupakan sebuah bisnis baru dan masih kecil.

8. Prospek Gaji Tinggi

Di atas juga sudah disebutkan, jika prospek karir jurusan akuntansi ini sangat menjanjikan. Seseorang dapat bekerja di sebuah perusahaan besar jika dahulu sekolah di jurusan akuntansi. Bahkan, ada yang berani membayar dengan gaji yang tinggi asal kemampuannya dapat diperhitungkan. Apalagi, pekerjaan akuntansi bukan sebuah pekerjaan yang mudah.

Bahkan, siswa juga bisa bekerja di perusahaan perpajakan dengan gaji yang tinggi. Tentunya harus sesuai dengan kemampuannya dan harus menerapkan sikap-sikap telah dijelaskan sebelumnya. Oleh karena itu, jurusan akuntansi memiliki banyak peluang yang sangat menggiurkan. Tetapi, dengan syarat siswa harus benar-benar serius dalam mendalami jurusan akuntansi ini.

9. Dapat Mengelola Keuangan Dengan Baik

Kelebihan jurusan akuntansi SMK yang selanjutnya adalah siswa akan mempunyai kemampuan mengelola keuangan dengan baik. Karena, sudah terbiasa dalam menghitung keuangan dengan teliti serta tepat. Dengan kebiasaan tersebut siswa akan mampu mengelola keuangan dengan teratur serta rapi. Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi si siswa.

Pengelolaan keuangan yang rapi serta teratur bisa digunakan dalam kehidupan yang nyata serta lebih rumit. Selain itu, bisa juga digunakan dalam kehidupan rumah tangga. Seseorang akan bisa menghitung pemasukan serta pengeluaran dalam rumah tangganya. Jadi, keuangan akan menjadi lebih teratur dan tidak berantakan.

10. Terdapat Di Banyak Sekolah

Banyak siswa yang bingung akan memasuki sekolah seperti apa saat sudah lulus SMP. Jurusan akuntansi bisa menjadi salah satu pilihan. Karena, kelebihan jurusan akuntansi SMK ini mudah sekali ditemukan dan pasti terdapat di setiap sekolahan yang berbasis SMK. Jadi, para siswa tidak akan bingung lagi dan bisa masuk juga dengan mudah.

Itulah beberapa kelebihan jurusan akuntansi SMK yang bisa dijadikan patokan kenapa harus masuk di jurusan tersebut. Selain akan mendapatkan ilmu atau teori pengetahuan siswa juga akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apalagi semua ilmu yang didapat dapat diterapkan langsung dalam dunia pekerjaan yang lebih keras.

Satu pemikiran pada “Kelebihan Jurusan Akuntansi SMK yang Menggiurkan”

Tinggalkan komentar