Inilah 5 Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Tubuh!

Puasa merupakan suatu bentuk ibadah sunnah yang kerap terlaksana dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya puasa pada hari senin dan kamis. Allah telah menyiapkan rahasia kedahsyatan puasa senin kamis bagi orang yang menjalankannya, salah satunya adalah dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ibadah sunnah seperti puasa senin kamis ini tidak semua umat muslim bisa menjalankannya, padahal kedahsyatan puasa senin kamis sangatlah beragam. Dalam bidang kesehatan terdapat banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dari puasa senin kamis, lima di antaranya telah Bhembook.com rangkum sebagai berikut:

Kedahsyatan Puasa Senin Kamis Meningkatkan Sistem Imun
99.co

1. Meningkatkan Sistem Imun

Rahasia kedahsyatan puasa senin kamis yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia. Tubuh akan menahan lapar dari pagi setelah sahur hingga petang, pada saat-saat tersebut energi pada tubuh hanya digunakan untuk kegiatan yang penting saja.

Memerangi infeksi pada tubuh juga merupakan salah satu fokus tubuh pada saat sedang berpuasa. Maka dari itu, sistem kekebalan pada tubuh atau imun orang yang sedang berpuasa akan meningkat. Dengan meningkatnya sistem imun pada tubuh, maka akan meminimalisir terkena penyakit.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Berpuasa dapat mengurangi risiko meningkatnya tekanan darah dikarenakan tidak ada asupan makanan yang dapat memicu hal tersebut terjadi. Tekanan darah orang yang sedang berpuasa akan menjadi lebih stabil.

Dan juga mengurangi tekanan darah bagi orang yang sebelumnya kerap mengalami tekanan darah yang tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa orang yang berpuasa senin kamis juga harus tetap memperhatikan menu berbuka.

Hal yang dianjurkan saat memilih menu berbuka adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam atau natrium berlebih. Zat tersebut dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya dari berpuasa sunnah senin kamis adalah berat badan bisa turun. Ketika sedang berpuasa, tubuh akan menjadi lemas dikarenakan tak ada makanan yang masuk ke dalam perut. Hal itu terjadi dalam jangka waktu yang lumayan lama serta energi pada tubuh juga berkurang.

Energi penting dimiliki dalam tubuh manusia. Maka dari itu, tubuh orang yang sedang berpuasa akan secara paksa memperoleh energi dengan cara membakar lemak di dalam tubuh agar bisa mendapatkan energi. Kondisi inilah yang dapat menurunkan berat badan orang yang berpuasa.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Seseorang yang sedang berpuasa akan memicu proses produksi faktor neurotropik. Dimana hal tersebut merupakan sebuah hormon otak yang dapat mengaktifkan sel punca di dalam otak, kemudian mengubahnya menjadi neuron. Hormon tersebut dapat melepaskan bahan kimia yang ada dalam tubuh.

Dengan menjalankan puasa maka akan menjaga kesehatan otak dan dapat mencegah pelbagai penyakit pada otak seperti parkinson, alzheimer, dan lainnya. Sel-sel yang terdapat pada otak akan lebih bekerja secara optimal ketika seseorang sedang berpuasa karena tidak terkontaminasi dengan zat makanan berbahaya.

5. Mengantisipasi Terkena Penyakit Jantung

Puasa senin kamis dapat mengantisipasi terkena penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena pada saat berpuasa tubuh akan bereaksi dalam banyak hal. Beberapa reaksinya adalah berat badan yang turun, penurunan kadar trigliserida, dan juga penurunan kolesterol dalam tubuh.

Ketiga hal tersebut dapat menyebabkan insulin yang ada pada tubuh menjadi lebih seimbang, serta juga berperan dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu, dengan melakukan puasa senin kamis akan dapat membantu mengantisipasi terkena penyakit jantung.

Demikian lima rahasia kedahsyatan puasa senin kamis untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan berpuasa senin kamis maka akan mendapatkan banyak pahala dan juga menyehatkan tubuh. Pelbagai manfaat dari berpuasa senin kamis sangatlah beragam dalam bidang kesehatan maupun yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Inilah 5 Rahasia Kedahsyatan Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan Tubuh!”

Tinggalkan komentar