Ini 10 Syarat Masuk Jurusan Kriminologi, Harus Coba!

syarat masuk jurusan kriminolog
Ilustrasi Kriminolog

Semakin ke sini memang semakin banyak ditemukan beberapa orang yang memiliki ketertarikan untuk mencoba sebuah jurusan yang baru seperti kriminologi. Namun sayangnya, masih banyak pula yang justru tidak tahu tentang syarat masuk jurusan kriminologi yang tepat sehingga tidak akan salah nantinya. Ditambah lagi, jenis jurusan ini ternyata masih tergolong jurusan baru.

Secara garis besar, jenis jurusan yang dikenal dengan nama kriminologi ini juga bisa dikatakan cukup langka sehingga hanya disediakan beberapa universitas. Walaupun begitu, jenis jurusan ini pada masa sekarang sudah memiliki banyak keunikan yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan yang tepat. Simak beberapa persyaratan untuk masuk ke jurusan ini berikut:

1. Berkas Ijazah

Pertama, ada sebuah persyaratan yang bisa dikatakan paling penting untuk diketahui dan kemudian disiapkan sejak awal sebelum mencoba mendaftar. Setiap orang yang ingin mencoba untuk menikmati jurusan bernama kriminologi ini sebaiknya juga sudah menyiapkan dokumen berupa ijazah SMA dahulu. Ditambah lagi, jenis berkas ini bisa dimiliki dengan waktu cepat.

Sementara itu, untuk memiliki jenis berkas yang penting seperti ijazah ini, setiap orang harus memastikan dahulu bahwa semua urusannya selesai. Urusan yang dimaksud ini berkaitan dengan segala hal yang bersifat administratif di SMA yang ditempuh sehingga ijazah pun bisa diperoleh. Jangan lupa pula untuk menyiapkan berkasnya dalam bentuk file berkualitas.

2. Formulir Pendaftaran 

Syarat yang kedua untuk bisa masuk ke jurusan kriminologi yang masih banyak diabaikan adalah adanya formulir pendaftaran yang tepat. Apalagi ternyata masih banyak orang terutama yang baru lulus SMA tanpa adanya waktu istirahat yang kurang menyadari pentingnya dokumen ini. Padahal dokumen ini bisa memastikan prosesnya untuk lebih lanjut.

Secara lebih lanjut, setiap orang yang baru mencoba untuk melakukan proses pendaftaran wajib memilih dokumen berupa formulir pendaftaran yang tepat. Hal ini berkaitan dengan jenis jalur pendaftaran seperti apa yang memang akan dipakai apakah memang undangan atau tes. Selain itu, pastikan untuk mengisinya sesuai dengan identitas yang ada. 

3. Sertifikat Penghargaan

Selanjutnya, ada juga pilihan yang lainnya yang berkaitan erat dengan syarat untuk masuk dan bisa menikmati jurusan bernama kriminologi ini. Apalagi ternyata untuk memudahkan seseorang mencapai impiannya dan menikmati jurusan kriminologi, maka sejak awal bisa menyertakan bukti yang cukup berharga. Bukti pendukung ini berkaitan erat dengan sertifikat berharga yang dimiliki.

Sebenarnya setiap calon mahasiswa sudah tidak perlu merasa khawatir lagi karena dokumen yang diperlukan ini tidak harus berkaitan dengan kriminologi. Misalnya saja, jika ada sebuah penghargaan secara akademis yang pernah dimiliki dan dicapai ketika SMA, maka bisa segera dijadikan bukti. Selain itu, ada juga bukti lainnya berupa penghargaan non akademis.

4. Bukti Kelulusan

Jangan sampai dilewatkan untuk diketahui sejak awal, setiap orang yang berniat mendaftar juga wajib tahu ada sebuah persyaratan yang umum. Kali ini, setiap orang yang baru berencana untuk mencoba jurusan ini harus memastikan adanya bukti bahwa dirinya telah lulus ujian. Ujian yang dimaksud ini tidak sama dengan ujian lulus sekolah.

Secara lebih lanjut, jenis bukti yang dimaksud ini lebih berkaitan dengan bukti bahwa calon mahasiswa telah mengikuti prosedur yang ada. Misalnya saja, jika menggunakan sebuah jalur yang khusus melalui undangan, maka jangan lupa untuk menyertakan dokumen buktinya ketika nanti diminta. Selain itu, untuk jalur tes, jangan lupa pula menyerahkan buktinya.

5. Kemampuan Finansial

Tidak dapat dimungkiri bahwa untuk syarat masuk jurusan kriminologi yang kelima ini lebih berkaitan dengan kemampuan finansial yang sudah dimiliki. Apalagi ternyata jenis jurusan ini memiliki perbedaan yang juga cukup menonjol jika dibandingkan dengan jurusan lainnya yang ternyata lebih murah. Kata lainnya, jurusan ini bisa memakan biaya yang memang mahal.

Untuk mencoba dan mendaftar secara langsung jurusan bernama kriminologi ini, setiap orang setidaknya memerlukan biaya pendaftaran bahkan sampai puluhan juta. Belum lagi jika ada yang tidak menggunakan jalur secara nasional melainkan lebih memanfaatkan adanya jalur mandiri yang disediakan oleh universitasnya. Namun sayangnya, jenis jalur ini mungkin memakan biaya lebih banyak.

6. Minat Bidang Hukum

Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga syarat masuk jurusan kriminologi yang menarik untuk dikenali sebelum langsung mendaftar . Apalagi walaupun  berbeda dengan beberapa jenis jurusan yang lainnya, jenis jurusan ini ternyata memiliki keterkaitan yang erat dengan hukum. Tidak heran jika banyak yang menjadikan bidang hukum sebagai pembelajaran.

Secara sederhana, jurusan kriminologi ini akan menuntut setiap mahasiswanya untuk belajar tentang beberapa dasar hukum terutama yang berkaitan dengan pembunuhan. Walaupun begitu, tetap saja ada beberapa perbedaan tuntutan bagi yang hanya belajar kriminologi dan bagi yang mencoba untuk belajar hukum.

7. Kekuatan Mental

Jangan sampai ketinggalan untuk dikenali pula sejak awal, ada syarat masuk jurusan kriminologi yang lainnya yang wajib dikenali dan dipahami. Apalagi secara sederhana, jenis jurusan yang disediakan hanya oleh beberapa universitas di Indonesia ini membutuhkan kekuatan tidak hanya secara fisik. Setiap orang juga perlu kuat secara emosional atau juga mental.

Jika ingin mencoba untuk mendaftar ke jenis jurusan ini pertama kalinya, maka sebaiknya siapkan kekuatan mental sejak awal sebelum terkejut. Apalagi ternyata jenis jurusan ini menawarkan dan menyediakan beberapa tipe pembelajaran yang khusus dan berbeda dari jenis jurusan yang lainnya.

8. Rasa Ingin Tahu

Sementara itu, untuk syarat yang selanjutnya ini sayangnya masih banyak diabaikan terutama bagi yang memiliki kekurangan informasi tentang jurusannya. Padahal ada banyak beberapa pertimbangan terutama yang berkaitan dengan karakter yang khusus seperti rasa ingin tahu yang harus tinggi terlebih dahulu. Jika tidak ada rasa tersebut, maka sebaiknya jangan langsung mencoba.

9. Jiwa Sosial Tinggi

Kemudian ada juga syarat masuk jurusan kriminologi yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan untuk dikenali terlebih dahulu sebelum mencoba. Apalagi ternyata jenis program studi yang semakin terkenal ini memiliki keunikan dalam beberapa kasus analisisnya yang lebih berkaitan dengan lapangan. Tidak heran jika nantinya diperlukan karakteristik yang khusus dari mahasiswanya.

Secara lebih lanjut dan detail, setiap orang yang memiliki rencana untuk mendaftar ke jurusan ini sebaiknya memiliki jiwa sosial tinggi. Hal ini berkaitan secara erat dengan kebutuhan ketika nantinya ingin melakukan proses penyelidikan secara langsung yang membutuhkan bantuan orang lain. Namun tetap saja, proses penyelidikan juga dilakukan dengan kerja sama.

10. Gemar dalam Analisis

Terakhir, ada sebuah syarat yang tidak tertulis dan tentu saja tidak bersifat administratif namun tetap perlu dijadikan bahan pertimbangan dahulu. Apalagi jurusan ini sejak awal sudah memberikan tuntutan kepada calon mahasiswanya untuk memiliki kemampuan dalam hal analisis kasus. Selain itu, setiap orang juga harus terbiasa dalam menggunakan analisisnya.

Informasi yang menjelaskan mengenai beberapa syarat masuk jurusan kriminologi yang lengkap seperti di atas sebaiknya dikenali dahulu sejak awal. Apalagi ternyata jenis jurusan yang bernama Kriminologi ini menawarkan banyak keuntungan yang menarik termasuk dalam lapangan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, beberapa syaratnya pun tidak hanya terbatas pada administrasi.

Baca Juga: Pertukaran Pelajar Ke Korea, Serba-Serbi Wajib Tahu

2 pemikiran pada “Ini 10 Syarat Masuk Jurusan Kriminologi, Harus Coba!”

Tinggalkan komentar