Inilah Materi yang Sering Keluar di SBMPTN, Wajib Tahu!

Lulus Perguruan Tinggi Negeri atau PTN menjadi impian banyak siswa sekolah menengah atas di Indonesia. Namun untuk mencapai ini, ada tes yang dilewati, misalnya seleksi nasional yang dikenal sebagai SNMPTN, dan seleksi tulis atau SBMPTN. Maka tak jarang, siswa bertanya-tanya terkait materi yang sering keluar di sbmptn.

Sejak 2019 lalu, diberlakukan aturan bahwasanya siswa juga dituntut memiliki hasil berbentuk ujian tulis yang diselenggarakan berbentuk komputer atau UTBK. Pelaksanaan UTBK ini berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh lembaga tes untuk masuk perguruan tinggi bernama LTMPT. Lembaga ini menilai jika hasil dari UTBK ini lebih kredibel serta terstandar.

Pada tahun 2022 ini, SBMPTN dimulai hingga 17 Maret dengan jadwal registrasi akun. Sementara pendaftaran UTBK sendiri berlangsung dariĀ  23 Maret hingga 15 April 2022. Untuk ujiannya dijadwalkan dalam dua gelombang, 17-23 Mei gelombang 1, dan gelombang 2 28 Mei-3 Juni. Berikut prediksi materi yang akan sering muncul.

Materi yang Sering Keluar di SBMPTN

Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

Pertama adalah kelompok saintek yang biasanya bagi pelamar bidang Ilmu Pengetahuan Alam. Terdiri atas Matematika Saintek, Biologi, Fisika, dan Kimia. Berikut materi yang sering keluar di sbmptn kelompok saintek.

1. Biologi

Untuk materi ini diperkirakan akan ada 3 hingga 26 butir soal. Selain itu juga terdapat berbagai materi yang sebelumnya telah diajarkan di sekolah. Sehingga calon peserta bisa mempelajari ulang berbagai materi yang sebelumnya diajarkan saat sekolah. Berikut rinciannya:

  • Pada materi ini cenderung membahas mengenai bagaimana pemanfaatan mikroorganisme serta hasil produk dari suatu makhluk hidup (enzim, alcohol) yang diolah menjadi suatu barang serta jasa.
  • Mutasi dan Genetika. Materi ini membahas mengenai bagaimana perubahan kromosom atau gen dari suatu makhluk hidup. Karena ini akan berimbas pada garis keturunan makhluk hidup itu sendiri. Dengan tujuan untuk mempersiapkan diri demi adanya perubahan situasi yang mungkin terjadi.
  • Anatomi manusia. Mempelajari terkait susunan dari berbagai sistem organ, termasuk jaringan, sel yang menyusun tubuh manusia. Serta juga sejumlah fungsi khususnya.
  • Materi hubungan antara lingkungan dengan makhluk hidup di dalamnya.

2. Matematika

Pada matematika saintek, soal yang harus dijawab peserta ujian dalam materi matematika saintek ini lebih ringan. Karena soal yang tersedia bisanya hanya berkisar sebanyak maksimal 12 soal saja. Tetapi tentu dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Berikut contoh materi yang sering muncul:

  • Barisan dan Deret. Yaitu pelajaran yang membahas mengenai pola, serta runtutan angka. Serta menghitung jumlah suku dalam sebuah barisan.
  • Turunan. Salah satu materi matematika yang mengkaji bagaimana fungsi dari perubahan nilai. Atau bisa juga disimpulkan sebagai perubahan nilai karena adanya perubahan besaran.
  • Trigonometri. Materi yang satu ini mempelajari bagaimana perhitungan dari sebuah segitiga. Misalnya melakukan perhitungan untuk mencari nilai tangen, sinus atau pun cosinus.
  • Vektor. Merupakan besaran yang punya arah serta nilai berbeda jika dibandingkan dengan skalar. Secara umum dalam matematika, vector ini digambarkan dengan anak panah yang memperlihatkan titik awal dan akhir.

3. Fisika

Cabang ilmu murni yang satu ini juga memiliki porsi tersendiri dalam pembahasan soal SBMPTN. Biasanya jumlah soal dari cabang materi ini hanya berkisar 14 soal saja. Berikut materi yang sering keluar di sbmptn pada pelajaran fisika:

  • Getaran dan Gelombang. Getaran bisa diartikan sebagai sebuah gerakan bolak balik yang terjadi secara periodic atau berulang melalui sebuah titik keseimbangan. Sedangkan gelombang diartikan sebagai getaran yang merambat.
  • Garis besarnya membahas tentang gerak yang dialami oleh suatu benda. Materi ini juga terbagi atas beberapa sub bab pembahasan.
  • Magnet dan listrik. Merupakan sebuah fenomena yang merupakan hasil dari adanya gaya elektromagnetik. Secara bersama-sama keduanya membentuk elektromagnetisme.
  • Fisika modern. Membahas terkait energi serta perilaku materi dalam atom serta partikel gelombang sebagai cabang ilmu fisika.

4. Kimia

Cabang ilmu murni yang satu ini juga memiliki porsi soal yang lebih banyak dibandingkan 2 materi sebelumnya. Prediksi jumlah materi Kimia yang akan dijawab peserta ujian berkisar 19 soal. Berikut materi yang sering muncul:

  • Reaksi Redoks dan Elektrokimia. Merupakan suatu cabang ilmu yang membahas mengenai hubungan kerja listrik dengan perubahan kimia. Juga menggunakan prinsip reaksi redoks.
  • System sejenis atau homogen dari pelarut serta zat terlarut di dalamnya. Biasanya merupakan suatu hasil dari pencampuran dua zat atau lebih.
  • Salah satu cabang dari ilmu kimia dengan pokok pembahasan berupa energy yang ikut saat terjadi perubahan suatu reaksi kimia.
  • Membahas tentang hubungan reaksi kimia dengan sejumlah aspek kelistrikan.

Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

Kedua adalah kelompok soshum yang biasanya diisi oleh siswa atau pelamar lulusan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terdiri dari pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi dan Sosiologi. Berikut materi yang sering keluar di sbmptn kelompok soshum:

1. Ekonomi

Biasanya untuk jumlah soal UTBK materi Ekonomi yang sering muncul berkisar hingga maksimal 10 soal. Tapi terkadang jumlah ini bisa berubah. Berikut sejumlah materi ekonomi yang sering muncul:

  • Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar. Materi ini memiliki banyak cabang pembahasan, diantaranya terkait harga, harga keseimbangan serta terbentuknya harga keseimbangan.
  • Pendapatan nasional. Merupakan perhitungan dari setiap jumlah pendapatan suatu rumah tangga keluarga dari sejumlah faktor produksi untuk jangka waktu satu tahun.
  • Perbandingan dari berbagai variabel perubahan proporsional. Serta juga mengukur berapa besaran harga atas permintaan konsumen.

2. Geografi

Prediksi jumlah soal pada materi geografi yang akan keluar pada saat utbk juga berkisar maksimal hingga 12 soal. Peserta ujian harus memahami berbagai istilah yang sering digunakan dalam ilmu geografi agar paham dengan maksud dari sebuah soal.

  • Membahas mengenai siklus air yang secara umum terbagi atas 3 yaitu pendek, sedang dan panjang. Serta ingat-ingat berbagai istilah yang sering digunakan dalam siklus hidrologi.
  • Mitigasi bencana. Merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang berkaitan dengan upaya mengurangi risiko bencana.
  • Gambaran permukaan bumi bidang datar dengan menggunakan skala serta proyeksi tertentu.
  • Negara maju dan berkembang. Mengelompokkan klasifikasi dari negara di dunia serta dampaknya.

3. Sejarah

Untuk jumlah soal pada materi sejarah diperkirakan berkisar hingga 13 soal pada saat utbk. Materi yang umumnya sering muncul juga cukup bervariasi, mulai dari masa kerajaan hindu budha hingga demokrasi liberal.

  • Masa Pendudukan Jepang. Materi yang sering keluar lainnya adalah saat pendudukan Jepang.
  • Kerajaan Hindu Budha. Mengenal berbagai kerajaan di Indonesia yang dibangun pada zaman Hindu Budha.
  • Organisasi global serta regional. Mengelompokkan sejumlah organisasi yang ada setingkat regional atau wilayah maupun global.
  • Masa pra aksara. Merupakan zaman saat manusia belum mengenal tulisan serta pembahasan zaman.

4. Sosiologi

Sedangkan untuk rumpun soshum terakhir yaitu sosiologi diperkirakan hanya terdapat 12 soal. Materi yang sering keluar di sbmptn pun beragam, mulai dari nilai serta norma, stratifikasi sosial dalam masyarakat hingga konflik sosial.

  • Perubahan sosial. Yaitu sejumlah perubahan pada sejumlah lembaga masyarakat sehingga berpengaruh pada sistem sosial, berupa sikap dan perilaku.
  • Interaksi sosial. Mempelajari bagaimana hubungan dan bentuk komunikasi antar tingkatan berupa individu dan kelompok.
  • Masalah sosial. Berhubungan dengan ketimpangan antara harapan dan kenyataan tentang kesenjangan situasi antar individu ataupun kelompok di masyarakat.

Kelompok Ujian Campuran 

Terakhir adalah kelompok ujian campuran yaitu perpaduan antara rumpun saintek dan soshum. Materi ujiannya pun berbasis TPS, TKA Soshum dan TKA Saintek. Berikut materi yang sering keluar di sbmptn kelompok campuran.

  • Materi TKA Soshum. Ini sebenarnya merupakan gabungan dari berbagai kelompok ilmu sosial seperti ekonomi, sosiologi, sejarah serta geografi.
  • Materi TKA Saintek. Sementara untuk materi TKA saintek merupakan gabungan dari berbagai materi ilmu murni atau rumpun ilmu pengetahuan alam.
  • Materi TPS. Terakhir adalah materi TPS yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta dalam hal penalaran umum. Juga mengukur pemahaman peserta tentang memahami suatu bacaan, dan pengetahuan kuantitatif.

Itulah berbagai materi yang sering keluar di sbmptn 2022 ini. Semoga bermanfaat bagi calon peserta sbmptn tahun ini serta lolos di PTN yang diinginkan. Selamat belajar.

Satu pemikiran pada “Inilah Materi yang Sering Keluar di SBMPTN, Wajib Tahu!”

Tinggalkan komentar