8 Rekomendasi Universitas Jurusan Farmasi di Jogja

universitas jurusan farmasi di jogja

Berkuliah jurusan farmasi memiliki prospek kerja yang cerah. Tak hanya berkecimpung di dunia medis saja, lulusan farmasi juga bisa bekerja di bidang kosmetik, makanan dan minuman serta bisa menjadi peneliti. Untuk mencetak lulusan farmasi yang kompeten, terdapat beberapa Universitas jurusan farmasi di Jogja yang dapat dipilih.

Sebagai kota pelajar di Jogja terdapat banyak perguruan tinggi yang dapat dipilih untuk melanjutkan studi di kota tersebut. Dengan lingkungan dan budaya Jogja yang nyaman serta biaya hidup yang murah membuat banyak pelajar memutuskan untuk berkuliah di kota tersebut. Bagi yang tertarik dengan jurusan farmasi simak beberapa universitas yang mempunyai jurusan farmasi berikut ini:

1. Universitas Ahmad Dahlan

UAD atau Universitas Ahmad Dahlan ini adalah rekomendasi pertama untuk universitas jurusan farmasi di Jogja. Sebagai perguruan tinggi swasta yang bergengsi, UAD tak kalah populer dengan universitas negeri yang ada di sekitarnya. Universitas yang dulunya bernama IKIP Muhammadiyah Yogyakarta ini adalah salah satu kampus yang juga menjunjung tinggi nilai-nilai islami.

Untuk kualitas Pendidikan di UAD sudah tak perlu diragukan lagi. Universitas yang satu ini bisa menjadi pilihan jika ingin berkuliah dengan jurusan farmasi di Jogja. Sebab jurusan farmasi nya sendiri sudah terakreditasi A ditambah lagi dengan berbagai fasilitas yang disediakan agar para mahasiswanya mendapatkan pendidikan yang terbaik.

2. Universitas Gadjah Mada

Berikutnya universitas jurusan farmasi di Jogja adalah UGM. Universitas ini adalah salah satu dari jajaran universitas favorit di Indonesia dan memiliki ranking yang bagus baik dalam skala nasional dan internasional. UGM juga memiliki fakultas farmasi terbaik yang telah berdiri sejak tahun 1955 silam.

Fakultas farmasi di UGM menyediakan Pendidikan dari jenjang sarjana hingga doktor dan semuanya telah terakreditasi A. Persaingan untuk mendapatkan kursi di fakultas farmasi cukup ketat. Dengan demikian jika ingin masuk ke fakultas farmasi UGM harus mempersiapkan dengan sebaik baiknya.

Pada tahun 2020 fakultas tersebut hanya menyediakan kuota 84 mahasiswa. Sedangkan pada data SBMPTN pada tahun 2019 terdapat lebih dari 1200 pendaftar namun hanya ada 103 pendaftar yang diterima. Dengan demikian rasio pendaftar yang diterima hanya ada 9% dari jumlah pendaftar.

3. Universitas Islam Indonesia

Berikutnya universitas dengan jurusan farmasi yang dapat dipilih ketika ingin melanjutkan studi ke Jogja adalah UII. Universitas swasta yang satu ini juga memiliki jurusan farmasi yang sudah terakreditasi A. Dengan demikian untuk kualitas Pendidikan di UII sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan pada tahun 2028 lalu UII mendapat predikat sebagai universitas swasta terbaik dari Kemenristekdikti.

Jurusan farmasi di UII masuk ke dalam fakultas MIPA. Jurusan ini juga termasuk jurusan dengan banyak peminat. Dengan fasilitas dan kualitas Pendidikan di UII, biaya uang kuliah untuk jurusan farmasi tidaklah murah. Untuk menyelesaikan studi S1 estimasi biaya kuliah yang dibutuhkan adalah 127 juta rupiah.

4. Universitas Sanata Dharma

Universitas ini juga tak kalah terkenalnya dengan beberapa universitas di atas. USADA juga memiliki jurusan farmasi yang sudah terakreditasi A. Jurusan farmasi yang ada di USADA memiliki fakultas sendiri yang bernama fakultas farmasi. Namun jurusan farmasi yang ada di USADA hanya menyediakan Pendidikan dalam jenjang SI saja.

Selain memiliki kualitas Pendidikan yang baik, fakultas farmasi USADA juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Sebut saja ada laboratorium dan juga apotek sendiri selain itu USADA Juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menunjang pendidikan. Dengan demikian mahasiswa bisa menjadikan Pendidikan terbaik.

5. Universitas Atma Jaya

Berikutnya, Universitas jurusan farmasi di Jogja adalah Universitas Atma Jaya. Universitas yang satu ini selain ada di Jogja juga terdapat di Jakarta dan juga Makasar. Di Jogja sendiri Universitas Atma Jaya terletak di Sleman sama dengan dengan UII.

Universitas Atma Jaya bisa menjadi salah satu pilihan untuk menempuh Pendidikan di Jogja. Terdapat beberapa alasan mengapa kampus ini layak untuk dijadikan tujuan studi jika dibandingkan kampus lainnya. Universitas Atma Jaya ini berada di jantung kota Jogja yaitu Sleman, selain itu universitas tersebut juga telah terakreditasi A termasuk untuk jurusan farmasi nya.

Kelebihan berikutnya adalah dari sisi keagamaan. Universitas Atma Jaya merupakan perguruan tinggi katolik yang menunjang proses Pendidikan dalam konteks iman kristiani. Dengan demikian berkuliah di universitas tersebut tak hanya memperdalam akademik saja namun juga menjunjung nilai agama.

6. Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Universitas selanjutnya yang bisa dipilih untuk melanjutkan studi farmasi di Jogja adalah Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta. Kurikulum pembelajaran yang ada di jurusan farmasi tersebut menggunakan pedoman dari KKNI dan APTFI. Sedangkan untuk metode pembelajaran yang digunakan menggabungkan teori dan juga praktik.

Dengan demikian diharapkan mahasiswanya bisa menjadi lulusan farmasi yang kompeten. Lulusan dari universitas ini dapat bekerja dengan prospek yang luas seperti menjadi apoteker, peneliti, bekerja di rumah sakit dan sebagainya. Untuk lokasinya sendiri Universitas Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta ini berlokasi di sleman.

7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pada urutan berikutnya ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. UMY bisa menjadi salah satu pilihan universitas dengan jurusan farmasi ketika hendak melanjutkan studi di Jogja. Sebagai kampus swasta terbesar, UMY memiliki kualitas Pendidikan dan juga fasilitas yang mumpuni untuk menunjang Pendidikan mahasiswanya.

Meskipun masih menjadi program studi yang muda di Universitas tersebut, namun jurusan farmasi yang ada di UMY juga patut untuk dijadikan pilihan. Sebab kurikulum yang digunakan selama perkuliahan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai lulusan farmasi. Jurusan farmasi UMY menggunakan metode pembelajaran full problem based learning.

Proses belajar mengajar dilakukan dengan cara menggabungkan teori dan praktik. Selain belajar di kelas mahasiswa juga melakukan perkuliahan di rumah sakit, laboratorium dan sebagainya. Jurusan ini juga telah dilengkapi pula dengan apotek mini, instalasi farmasi rumah sakit mini yang ada di mini hospital UMY.

8. Politeknik Kesehatan TNI AU Adisutjipto

Berikutnya, bagi para calon mahasiswa yang masih menjadi perguruan tinggi terbaik dengan jurusan farmasi di Jogja bisa juga memilih Politeknik Kesehatan TNI AU Adisutjipto. Terutama bagi yang mencari Pendidikan dengan jenjang D3. Kelebihan dari program studi D3 adalah masa perkuliahan yang lebih singkat sehingga lebih cepat lulus.

Dengan demikian bisa mencari kerja dengan lebih cepat. Poltekes yang satu ini berada di bawah bimbingan Yayasan adiupaya dan memiliki 3 program studi salah satunya adalah D3 farmasi. Politeknik Kesehatan TNI AU Adisutjipto telah mendapat izin resmi dari Kemenristekdikti pada tahun 2018 lalu, sehingga masih termasuk perguruan tinggi baru.

Itu tadi adalah beberapa Universitas jurusan farmasi di Jogja yang bisa menjadi pilihan. Sebagai calon mahasiswa tentunya ingin mendapatkan kualitas Pendidikan yang terbaik. Beberapa rekomendasi di atas memiliki kualitas Pendidikan yang baik dengan biaya kuliah mulai dari yang murah hingga termahal.

Baca Juga: Begini Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud dengan Mudah

Satu pemikiran pada “8 Rekomendasi Universitas Jurusan Farmasi di Jogja”

Tinggalkan komentar