10 Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran dan Ulasannya

materi smk jurusan administrasi perkantoran

Para murid Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Administrasi Perkantoran belajar tentang kegiatan administrasi kantor seperti surat-menyurat, kearsipan, cara dan etika kerja kantor bermacam kegiatan administrasi seperti kepegawaian/ keuangan / sarana dan  prasarana serta humas dan keprotokolan. Berikut sepuluh materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran dan ulasannya:

1. Surat Menyurat

Materi ini mempelajari tata cara membuat berbagai surat terutama surat dinas dengan semua peraturan surat yang berlaku. Yang dipelajari adalah bentuk surat, macam surat, bagian-bagian suatu surat, cara penulisan surat, belajar singkatan pada surat, contoh surat, pemrosesan penerimaan dan pengeluaran surat di suatu instansi. Kegiatan ini penting bagi citra perusahaan.

Murid yang belajar materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran tentang Surat Menyurat ini diharapkan bisa membuat surat yang menimbulkan kesan baik bagi yang menerimanya. Kesan baik dari bagian surat yang kelihatan berasal dari kertas, sampul, tulisan atau ketikan dan bentuk surat. Juga kesan baik di bagian surat yang tidak kelihatan yaitu isi surat yang sebaiknya sopan, jelas dan singkat.

2. Kearsipan

Kearsipan adalah materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran yang berikutnya. Di mata kuliah ini murid belajar proses mengarsipkan dokumen ataupun data. Keterampilan yang didapat dan dipelajari termasuk kecepatan mencari arsip. Tujuan materi ialah menghasilkan lulusan yang meniadakan waktu serta tenaga untuk mencari arsip.

Selain itu dengan pelajaran ini para murid belajar bagaimana memanfaatkan tempat menyimpan arsip, mengamankan arsip, merahasiakan arsip, membantu kelangsungan tanggung jawab pembuatan rencana, pelaksanaannya dan kegiatan masyarakat dengan memperhatikan tiga asas kearsipan yaitu sentralisasi, desentralisasi serta asas gabungan.

3. Otomatisasi Perkantoran

Materi ini lengkapnya bernama Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran atau singkatnya OTKP, semula namanya Administrasi Perkantoran atau AP merupakan  materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran  yang belajar tentang mengetik dokumen atau naskah, menerima dan menangani telepon, menata dan mengelola dokumen dan surat maupun arsip kantor yang lain.

4. Pengantar Akuntansi

Beberapa pengetahuan dasar akuntansi juga menjadi materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran . Akuntansi memang disiplin ilmu yang diperlukan pada berbagai pekerjaan, baik kantor perorangan atau corporate. Dasar ilmu ini mempelajari pencatatan, penjabaran, penilaian informasi keuangan yang kemudian diberi pada berbagai pihak baik perusahaan perorangan, pemilik saham maupun para investor.

5. Simulasi Digital

Ada lima macam kompetensi dasar yang dipelajari murid di mata pelajaran simulasi digital terdiri dari komunikasi di jaringan atau nama lainnya komunikasi daring, simulasi visual, kelas maya, presentasi video dan  buku digital. Ini pelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi lewat pengembangan bahan pelajaran dengan basis teknologi web.

E-book atau buku elektronik serta simulasi sistem perbankan adalah termasuk materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran yang dipelajari. Komunikasi secara digital bisa diartikan sebagai proses tukar-menukar  info diantara dua alat atau lebih yang memfasilitasi penyampaian serta penerimaan data. Pada era komputer ini para murid penting mempelajari perangkat digital termasuk perangkat lunaknya.

6. Administrasi Kepegawaian

Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran juga mencakup kepegawaian yang  merupakan panduan untuk menetapkan keputusan serta pelaksanaan kegiatan dengan konsisten. Dengan prinsip mengambil keputusan tepat untuk mencapai tujuan, pelajaran ini menentukan jumlah pegawai untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan beserta sistem pengupahan bagi pegawai itu.

Murid juga diajar menentukan beban kerja masing-masing pegawai sesuai kapasitas dan posisi masing-masing, juga untuk peningkatan kualitas keahlian pegawai sehingga pengerjaan tugas jadi efisien dan efektif. Dengan memiliki jumlah pegawai yang tepat dan masing-masing melakukan tugasnya dengan baik, perusahaan jadi mudah mencapai target yang disusun.

7. Administrasi Keuangan

Menata keuangan juga menjadi materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran  yang diajarkan. Ilmu keuangan ini secara luas mempelajari penggunaan dana milik suatu organisasi guna melaksanakan aktivitas organisasi termasuk manajemen keuangan yang merencanakan, melakukan, meregulasi dan mengawasi. Murid juga diajarkan cara mengevaluasi keuangan.

Dalam arti sempit pelajaran membuat murid tahu proses mencatat, mendata, mengeluarkan dana pada bermacam kegiatan operasional perusahaan. Tujuan mata pelajaran ini membuat murid mengerti pemrosesan serta pengaturan keuangan perusahaan supaya sistem keuangan perusahaan dapat dikerjakan dengan baik sehingga bisa dipertanggungjawabkan berdasar ketetapan yang berlaku.

8. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris dalam posisinya sebagai bahasa internasional tentu dipelajari oleh para murid tidak terkecuali murid SMK semua jurusan. Dengan bahasa ini para murid belajar agar memperlancar komunikasi dengan berbagai manusia dari berbagai sisi dunia yang berurusan dengan perusahaan. Kemampuan Bahasa Inggris akan membantu murid SMK dalam pengembangan karirnya.

Para murid tidak hanya diajarkan komunikasi verbal tetapi juga diajarkan komunikasi tertulis di dalam Bahasa Inggris, termasuk kemampuan dasar murid SMK seperti memenuhi keperluan administrasi seperti surat menyurat serta pembuatan laporan dalam Bahasa Inggris. Dengan penguasaan Bahasa Inggris, interaksi di kantor akan lebih lancar dan pintu kesempatan untuk meningkatkan karir akan lebih terbuka.

9. Administrasi Sarana Prasarana

Berikutnya adalah materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran bernama Administrasi Sarana dan Prasarana yaitu mata pelajaran yang diajarkan pada murid guna menunjang proses pekerjaan baik dengan cara langsung maupun tidak langsung dengan cara mengatur sumber daya baik manusia atau alam yang tersedia dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan secara efektif serta efisien.

Antara lain ilmu ini membuat murid SMK bisa mengidentifikasi sarana serta prasarana yang dipunyai kantor, mengatur barang-barang milik kantor itu. Murid juga bisa membantu mendata, memelihara barang, mengatur dan mencatat proses penyusutan mesin-mesin dan barang milik kantor yang lain, termasuk juga administrasi penghapusan nilai barang dari pembukuan.

10. Administrasi Humas dan Keprotokolan

Para murid SMK juga diajarkan tentang kehumasan atau istilah kerennya Public Relation. Kehumasan ini bisa dibilang campuran dari seni serta ilmu pengetahuan yang bertugas memperkirakan kecenderungan, membuat prediksi konsekuensi yang timbul, pemberian saran bagi pimpinan organisasi, serta pelaksanakan perencanaan kegiatan seperti yang sudah ditetapkan guna melayani kepentingan organisasi dan masyarakat.

Sedangkan pelajaran tentang Keprotokolan diajarkan supaya murid bisa menjaga dan meningkatkan citra perusahaan. Sebuah institusi secara umum punya rangkaian aturan ataupun tata cara yang jadi rujukan saat melakukan acara resmi dan saat penyambutan tamu yang berkunjung pada perusahaan tersebut. Murid diberi pengetahuan tentang proses protokol ini.

Demikian sepuluh diantara berbagai materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran yang diajarkan. Dengan materi-materi pelajaran itu para murid SMk setelah lulus berpeluang menjadi staf bagian administrasi, resepsionis, staff operasional sebuah pameran sekretaris, asisten dari sekretaris serta banyak lagi. Lulusan SMK bisa bekerja sesuai pelajaran favoritnya.

Bisa dikatakan pekerjaan yang sesuai bagi lulusanĀ  jurusan Administrasi Perkantoran SMK memang sangat luas. Sekalipun tidak belajar di Perguruan Tinggi, lulusan SMK tersebut sudah memahami berbagai dasar administrasi untuk perkantoran yang dibutuhkan banyak perusahaan. Para lulusan telah memadai membantu pekerjaan kantor tertentu supaya berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Les Untuk Anak SD Kelas 1

Satu pemikiran pada “10 Materi SMK Jurusan Administrasi Perkantoran dan Ulasannya”

Tinggalkan komentar