10 Cara Mengerjakan Aritmatika dengan Mudah Dan Tipsnya

cara mengerjakan aritmatika

Memang tidak dapat dielakkan lagi bahwa saat ini pun, ada jenis soal seperti aritmatika yang dianggap sebagai soal yang sulit. Namun untungnya, sudah ada beberapa jenis tips dan cara mengerjakan aritmatika yang cukup mudah dicoba bahkan bagi para pemula. Selain itu, beberapa cara ini juga bisa dipahami terlebih dahulu.

Mengerjakan beberapa soal yang termasuk ke dalam kategori aritmatika memang bisa memunculkan rasa penuh frustasi terutama bagi yang tidak terbiasa. Padahal sebenarnya sudah ada beberapa tips yang tidak hanya menarik namun juga bisa dipraktekkan dengan teliti dalam waktu singkat. Untuk mengetahui dengan lebih detail, maka simak uraian berikut ini:

1. Mengalikan Pangkat Dua

Untuk tips yang pertama ini sebenarnya termasuk satu dari sekian cara mengerjakan aritmatika yang cukup sederhana dan mudah untuk dicoba. Melalui jenis tips ini, setiap orang hanya perlu memberikan perhatian yang lebih pada bagian kuadrat yang sudah ditampilkan di soal. Namun sayangnya, jenis trik ini lebih cocok bagi kuadrat khusus. 

Untuk mencoba cara pertama ini, setiap orang harus memastikan bahwa angka dalam kuadrat tersebut sudah berakhiran dengan angka seperti lima. Nantinya silahkan melanjutkan dengan meletakkan dahulu angka 25 di bagian akhir karena pasti semua jawaban yang dimaksud berakhiran angka tersebut. Setelah itu, silahkan menambahkan angka depan dengan satu sebagai hasilnya.

2. Mengerjakan Perkalian Lima

Sementara itu, untuk tips dan trik yang kedua ini mungkin masih banyak tidak diketahui oleh beberapa orang yang masih awam. Padahal sebenarnya, setiap orang hanya perlu memberikan perhatian yang lebih banyak pada jenis soal yang melibatkan perkalian khusus angka lima. Angka lima ini memang memiliki cara yang mudah untuk dikerjakan.

Kemudian tata cara cara mengerjakan aritmatika ini bisa dicoba dengan memanfaatkan angka dua sebagai pembagi untuk mendapatkan hasil yang diperlukan. Namun untuk mencoba proses pembagian ini, sebaiknya utamakan aspek ketelitian sejak awal dan periksa apakah hasilnya berupa angka bulat atau tidak. Jika hasilnya memang angka bulat, maka tidak perlu tambahan lainnya.

3. Melanjutkan Perkalian Sembilan

Sementara itu, untuk contoh dari cara mengerjakan aritmatika  yang ketiga tampak sebagai cara yang sulit dicoba apalagi jika pertama kalinya. Walaupun begitu, demi bisa mendapatkan jawaban dari soal aritmatika dalam waktu yang singkat, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Belum lagi jika ternyata memerlukan jawaban tersebut ketika situasi darurat.

Beberapa orang mungkin sudah mengenali bahwa beberapa soal dalam aritmatika memang melibatkan angka sembilan sebagai angka yang paling penting nantinya. Namun sebenarnya jika ditemukan sebuah soal mengenai perkalian dari angka ini, proses perhitungannya bisa meminta bantuan dari tangan dan jari. Selain itu, hasil perkalian sembilan sebenarnya lebih mudah untuk dihafal.

4. Mencoba Perkalian Menggantung

Kemudian ada juga jenis soal dalam pelajaran matematika khususnya materi mengenai aritmatika yang sayangnya sangat sulit untuk dikerjakan dengan cepat. Jenis soal ini secara garis besar memang berkaitan erat dengan beberapa jenis perkalian yang bersifat menggantung dan memunculkan rasa bingung. Misalnya, ada beberapa angka seperti 9 atau seperti angka 51.

Untuk memudahkan setiap orang dalam mendapatkan dan menemukan jawaban yang dibutuhkan, hanya diperlukan proses perhitungan dengan memanfaatkan angka yang terdekat. Jenis cara mengerjakan aritmatika  ini bisa dicoba pula oleh pemula dengan menggunakan angka yang terdekat tersebut dengan perkalian angka lainnya. Nantinya silakan kurangi atau malah tambahkan dengan sisa dari hasilnya.

5. Menghitung Angka Sembilan

Tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya sudah diuraikan, perlu diperhatikan ketika bertemu dengan angka sembilan yang agak membingungkan. Kali ini, ada sebuah soal dalam materi aritmatika yang masih berkaitan dengan angka sembilan terutama jika lebih dari satu angka. Belum lagi, jika dipertemukan dengan jenis angka yang sama nantinya.

Sebenarnya cara mengerjakan aritmatika  untuk mengerjakan soal aritmatika seperti ini bisa dicoba dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun selain cara yang melibatkan proses perkalian menggantung seperti yang sebelumnya, ada juga dengan mengurangi angka sembilan dengan angka satu. Setelah itu, coba kalikan dengan angka yang terdekat dari sembilannya,.

6. Mengalikan dengan Angka Genap

Sementara itu, untuk soal dalam aritmatika yang meminta perhitungan yang berkaitan dengan perkalian angka genap, maka silahkan coba cara ini. Cara sekaligus tips ini bisa dicoba dengan cukup mudah hanya dengan membagi dahulu angka genap dengan angka dua. Setelah itu, lanjutkan dengan mengalikan pada angka satunya dengan dua.

7. Mempersentasekan Akhiran Lima

Selain beberapa tips dan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada juga cara lainnya yang wajib untuk diketahui terlebih dahulu. Kali ini, ada sebuah cara yang bisa dikatakan paling cocok dipakai ketika dipertemukan dengan soal yang menunjukkan akhiran angka lima. Belum lagi jika ada perintah untuk membuat sebuah persentase nantinya. 

Silakan mulai cara yang ketujuh ini dengan mengambil angka yang ada di depan dengan angka sepuluh sesuai jumlah yang ada. Setelah itu, silahkan melanjutkan dengan mencoba melakukan perkalian yang sesuai pada angka yang ada di depan pada angka persentase tersebut. Sebaiknya lakukan proses perhitungan ini dengan lebih teliti pertama kalinya.

8. Memakai Perkalian Empat

Kali ini, ada sebuah tips dan cara mengerjakan aritmatika yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk dicoba secara langsung, Apalagi jenis cara ini meminta sebuah angka empat dengan dibagi pada angka dua dengan mudah setidaknya sebanyak dua kali nantinya. Silakan hitung dengan cermat dahulu dan hasilnya dapat dikenali nantinya.

9. Mengalikan Angka Sebelas

Beberapa orang mungkin sudah pernah mengenal dan mendengar sebuah trik yang khusus yang biasanya juga dimanfaatkan oleh siswa saat ini. Walaupun begitu, sebenarnya ada juga sebuah tips yang lainnya yang tidak kalah mudah untuk dicoba terutama untuk perkalian yang khusus. Namun kali ini, perkalian yang dimaksud adalah perkalian menggunakan sebelas.

Untuk mendapatkan hasil dari sebuah perkalian yang ternyata melibatkan angka sebelas, maka coba awali dengan memberikan spasi pada dua angka. Setiap orang wajib mencoba dahulu untuk memisahkan angka yang paling depan dengan paling belakang lalu isi untuk bagian tengahnya. Bagian tengah ini bisa langsung diisi dengan penjumlahan angka digit.

10. Mengakhiri dengan Penambahan

Terakhir, ada sebuah tips yang tidak hanya bisa menjadi solusi yang terbaik namun juga bisa dicoba bahkan oleh orang awam. Untuk jenis perhitungan dengan penambahan dalam daftar yang terlalu panjang, maka mulai dengan membuat asumsi terkait hasil dari rata-rata dahulu. Lalu akhiri dengan menemukan perbedaan dari beberapa angka yang ada.

Uraian yang menjelaskan secara lengkap mengenai beberapa tips dan cara mengerjakan aritmatika seperti di atas bisa dikenali dahulu sejak awal. Terutama bagi beberapa orang yang sudah merasa bahwa soal mengenai aritmatika merupakan jenis soal yang sulit dipahami bahkan diselesaikan. Selain itu, beberapa tips tersebut juga bisa dicoba oleh pemula.

Baca Juga: Materi SMK Jurusan Administrasi

Satu pemikiran pada “10 Cara Mengerjakan Aritmatika dengan Mudah Dan Tipsnya”

Tinggalkan komentar